Minggu, 04 Okt 2020 18:34 WIB

Seluruh Warga Jepang Akan Dapat Vaksin Corona Gratis!

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
PM Jepang Shinzo Abe mengumumkan keadaan darurat terkait kasus virus Corona yang terus menyebar. Jepang akan memberikan vaksin virus Corona COVID-19 secara gratis pada warganya. (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Pemerintah Jepang akan menggratiskan vaksin virus Corona COVID-19 untuk warganya. Kebijakan ini pun telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan negara itu pada hari Jumat.

Dikutip dari The Japan Times, kebijakan ini baru hanya mencakup pemberian vaksin Corona dengan dosis awal. Pasalnya, hingga kini belum diketahui dengan pasti harus berapa kali vaksinasi dilakukan agar hasilnya menjadi efektif.

Pemerintah Jepang pun telah mengalokasikan anggaran sebesar 671,4 miliar Yen atau sekitar 94 triliun rupiah untuk mengamankan stok vaksin Corona, agar bisa diberikan pada warganya pada Juni 2021.

Sejumlah dosis vaksin dari perusahaan Amerika Serikat Pfizer dan Inggris AstraZeneca pun telah dipesan oleh Jepang.

Tak hanya itu, pemerintah Jepang akan membayar sejumlah kompensasi pada warganya jika ada yang mengalami efek samping serius setelah pemberian vaksin Corona.

Namun, jika terjadi masalah pada vaksin atau proses uji klinis yang masih berlangsung tidak berjalan efektif, rencana ini akan dihentikan atau dibatalkan.



Simak Video "Sederet Fakta Vaksin COVID-19 Pfizer yang Uji Klinisnya Sudah Rampung"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)