Rabu, 07 Okt 2020 10:19 WIB

Pakar Temukan 6 Jenis Infeksi Virus Corona Berdasarkan Gejala, Apa Saja?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Masker Virus Corona COVID-19 (Foto: iStock)
Jakarta -

Peneliti dari King's College, London mengidentifikasikan enam jenis virus corona berdasarkan tipe gejalanya. Temuan ini didasarkan pada data yang dikumpulkan dari aplikasi COVID Symptom Study King's College London.

Studi ini dilakukan di 1.600 pasien di seluruh Inggris dan AS, yang mencatat gejala COVID-19 antara bulan Maret dan April. Karena sebagian besar pasien cenderung mengunjungi rumah sakit ketika mengalami keparahan, pasien diminta untuk mengungkapkan secara rinci gejala yang mereka derita dalam 8-10 hari pertama infeksi.

Dalam studi tersebut, tiga kelompok ditemukan termasuk dalam kategori ringan, sementara tiga kelompok termasuk dalam kategori yang lebih parah dan lebih mungkin berdampak pada mereka yang lebih tua, atau dengan kondisi medis yang sudah ada sebelumnya.

"Studi kami menggambarkan pentingnya pemantauan gejala dari waktu ke waktu untuk membuat prediksi tentang risiko dan hasil diagnosa lebih canggih dan akurat. Pendekatan ini membantu kami memahami cerita yang terungkap dari penyakit ini pada setiap pasien sehingga mereka bisa mendapatkan perawatan terbaik," kata dr Carole Sudre, peneliti utama studi, dikutip dari CBS News.

Berdasarkan tingkat keparahan, ada enam kelompok utama infeksi yang dapat diidentifikasi, yakni:

1. Seperti flu tanpa demam:

Gejala: Sakit kepala, kehilangan bau, nyeri otot, batuk, sakit tenggorokan, sakit dada, tidak ada demam.

2. Seperti flu dengan demam:

Gejala: Sakit kepala, kehilangan bau, batuk, sakit tenggorokan, suara serak, demam, kehilangan nafsu makan

3. Gastrointestinal:

Gejala: Sakit kepala, kehilangan bau, kehilangan nafsu makan, diare, sakit tenggorokan, sakit dada, tidak batuk

4. Tingkat parah 1, kelelahan:

Gejala: Sakit kepala, kehilangan bau, batuk, demam, suara serak, nyeri dada, kelelahan

5. Tingkat parah 2, kebingungan:

Gejala: Sakit kepala, kehilangan bau, kehilangan nafsu makan, batuk, demam, suara serak, sakit tenggorokan, nyeri dada, kelelahan, kebingungan, nyeri otot

6. Tingkat parah 3, sakit perut dan pernapasan:

Gejala: Sakit kepala, kehilangan bau, kehilangan nafsu makan, batuk, demam, suara serak, sakit tenggorokan, sakit dada, kelelahan, kebingungan, nyeri otot, sesak napas, diare, sakit perut

Para peneliti menambahkan mereka baru-baru ini mengidentifikasi ruam kulit sebagai gejala lain dari infeksi virus corona, tetapi itu tidak diakui sebagai gejala selama ketika data dikumpulkan untuk analisis. Jadi sampai saat ini, ruam masih belum terpetakan dalam enam jenis virus corona.



Simak Video "Yang Harus Dilakukan Jika Tak Bisa Cium Bau Seperti Gejala Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)