Rabu, 07 Okt 2020 18:17 WIB

9 Manfaat Jahe dan Kunyit untuk Menjaga Imunitas Tubuh

Ayunda Septiani - detikHealth
Ginger tea,Asian herbal hot drink made from ginger root. It has been widely use as a herbal medicine in Asia,also usually used to prevent cold and help with digestion, upset stomach, diarrhea, nausea. Manfaat jahe dan kunyit (Foto: iStock)
Jakarta -

Sistem kekebalan tubuh yang kuat ternyata dapat mengurangi risiko tertular berbagai penyakit. Manfaat jahe dan kunyit dipercaya mempunyai khasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh kamu.

Jahe dan kunyit merupakan tanaman rempah-rempah yang banyak sekali ditemukan di Indonesia. Selain menjadi obat tradisional, kunyit dan juga kerap digunakan sebagai bumbu makanan khas Indonesia.

Dikutip dari laman Healthline, berikut beberapa manfaat jahe dan kunyit untuk kesehatan.

1. Bersifat antioksidan

Antioksidan sangat berperan untuk melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang dipercaya sebagai sumber dari berbagai penyakit. Manfaat kunyit dan jahe dipercaya sebagai agen antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas karena struktur kimia yang ada di dalamnya. Selain itu, manfaat kunyit dan jahe juga dapat meningkatkan aktivitas enzim antioksidan yang ada di dalam tubuh.

Selain jahe biasa, adapun manfaat jahe merah untuk kesehatan. Ekstrak jahe merah ini juga bisa mencegah dan membunuh bakteri berbahaya di dalam tubuh, sehingga daya tahan tubuh semakin kuat.

2. Meringankan gejala arthritis

Sebagian besar penyakit dari arthritis melibatkan peradangan pada sendi tubuh. Sifat anti-inflamasi yang dimiliki oleh kunyit bisa mengatasi hal tersebut.

Sebuah penelitian yang meneliti orang dengan rheumatoid arthritis menemukan bahwa manfaat kunyit bahkan lebih efektif daripada obat anti-inflamasi lainnya. Selain itu, jahe juga bisa mengurangi pembengkakan dan sangat membantu untuk mengobati gejala rheumatoid arthritis dan osteoartritis.

3. Mencegah pertumbuhan kanker

Manfaat kunyit juga dipelajari sebagai ramuan dalam pengobatan kanker. Kunyit ini mempengaruhi pertumbuhan dan penyebaran sel kanker pada tingkat molekuler. Sebuah studi menunjukkan bahwa kunyit dapat menon-aktifkan sel kanker dan mengurangi pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor serta pada metastasis.

Selain itu, molekul bioaktif dalam jahe bisa memperlambat pertumbuhan beberapa jenis kanker seperti kanker kolorektal, lambung, ovarium, hati, kulit, payudara, dan prostat. Tetapi lebih banyak penelitian diperlukan untuk melihat apakah ini benar.

4. Menurunkan risiko jantung

Penyakit jantung menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Manfaat kunyit dan jahe ini bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Beberapa penelitian bahkan menemukan, kunyit diketahui dapat meningkatkan fungsi endotel atau lapisan pembuluh darah, dan sama efektifnya dengan olahraga. Disfungsi endotel menjadi salah satu penyebab utama penyakit jantung. Selain kunyit, manfaat jahe untuk kesehatan juga bisa menjaga imunitas juga memiliki manfaat menjaga imunitas tubuh.

5. Menurunkan kolesterol

Dosis jahe harian dapat membantu melawan kadar kolesterol "jahat" atau LDL (Low Density Lipoprotein) . Dalam sebuah penelitian baru-baru ini, mengonsumsi 5 gram jahe sehari selama 3 bulan, bisa menurunkan kolesterol LDL orang rata-rata 30 poin.

6. Meredakan gangguan pencernaan

Jika kamu hidup dengan gangguan pencernaan kronis atau dispepsia, manfaat jahe ini bisa meredakan sakit. Mengkonsumsi jahe sebelum makan dapat membuat sistem kamu lebih cepat kosong, menyisakan sedikit waktu untuk duduk dan menyebabkan masalah.

7. Mengurangi sakit punggung

Radang adalah kondisi ketika imun tubuh merespons rasa sakit atau iritasi yang biasanya ditandai dengan gejala bengkak, nyeri, dan ngilu. Meskipun ini merupakan reaksi yang wajar, tetapi bengkak ini bisa mengarah kepada masalah kesehatan yang serius.

Sakit punggung kronis merupakan masalah peradangan tulang belakang. Meskipun kunyit bukan obat langsung untuk mengobati kondisi tersebut, kunyit bisa meredakan sakit punggung bagian atas dan bawah dengan menargetkan peradangan dan mengurangi kerusakan akibat radikal bebas.

8. Mengobati depresi

Manfaat kunyit lainnya adalah bisa mengobati depresi. Dalam sebuah penelitian, zat curcumin pada kunyit terbukti sama efektifnya dengan obat antidepresan seperti prozac.

Hal tersebut juga didukung dengan pengujian lab yang menunjukkan bahwa kunyit dapat memengaruhi keseimbangan neurotransmitter di dalam otak. Curcumin memiliki efek antidepresan dan ansiolitik yang bisa memodulasi kadar serotonin dan dopamin. Untuk mendapatkan khasiat dari kunyit, kamu cobalah konsumsi 1.000 mg selama setidaknya 6 minggu.

9. Meringankan nyeri haid

Sering mengalami kram saat menstruasi? Jahe bisa menjadi solusinya. Manfaat jahe satu ini bisa didapatkan dari jahe segar maupun yang sudah dikemas dalam bentuk bubuk.

Pada sebuah penelitian, wanita yang mengonsumsi 1.500 miligram bubuk jahe sekali sehari selama 3 hari selama siklus mereka merasakan lebih sedikit rasa sakit daripada wanita yang tidak.



Simak Video "Manfaat Konsumsi Jahe: Tingkatkan Imun Tubuh "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)