Rabu, 07 Okt 2020 20:00 WIB

Dokter: Kebiasaan Eddie Van Halen Gigit Pick Gitar Bukan Pemicu Kanker

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Eddie Van Halen Meninggal Dokter sebut kebiasaan gigit pick gitar Eddie bukan jadi penyebab kanker tenggorokan. (Foto: Getty Images)
Topik Hangat Van Halen Vs Kanker
Jakarta -

Gitaris Eddie Van Halen yang juga pendiri grup band Van Halen meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker tenggorokan. Ia menghembuskan napas terakhirnya di usia 65 tahun.

Riwayat sebagai perokok berat banyak dikaitkan sebagai penyebab kanker tenggorokan yang diidap Eddie. Tetapi, ia sendiri meyakini bahwa penyakitnya itu disebabkan karena kebiasaannya yaitu menggigit pick gitar yang terbuat dari logam.

Dokter spesialis onkologi radiasi dari Siloam Hospitals MRCCC Semanggi, dr Denny Handoyo Kirana, SpOnk-Rad, memastikan tidak ada hubungan antara kanker tenggorokan dengan kebiasaan menggigit pick gitar.

"Menggigit pick gitar dengan kanker tenggorokan tidak berhubungan, nggak pengaruh, nggak bisa," tegasnya saat dihubungi detikcom, Rabu (7/10/2020).

Menurut dr Denny, kebiasaan Eddie menggigit pick gitar bisa saja memicu kanker tetapi bukan di tenggorokan. Paling memungkinkan, kanker tumbuh di bagian yang mengalami kontak langsung dengan benda tersebut.

"Misalnya karena gigit senar gitar, pick gitar, atau kontak dengan sesuatu, pasti kankernya ada di daerah yang berhubungan langsung. Kalau itu memang bisa," jelas dr Denny.

"Misalnya kanker pada bibir atau lidah, itu bisa," lanjutnya.



Simak Video "Seperti Feby Febiola, Ini Penyebab Rambut Rontok saat Kemoterapi"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)
Topik Hangat Van Halen Vs Kanker