Jumat, 09 Okt 2020 06:07 WIB

Sebaiknya Mandi Pagi dengan Air Panas atau Dingin? Ini Plus Minusnya

Elsa Himawan - detikHealth
back view of attractive african american woman with sponge taking shower Mandi dengan air panas atau dingin? Ini plus minusnya (Foto: iStock)
Jakarta -

Mandi dengan air dingin maupun panas, sebenarnya memiliki manfaat masing-masing. Satu sisi, mandi dengan air dingin bermanfaat untuk memberikan rasa segar pada tubuh, sisi lain air hangat lebih memberikan efek relaksasi.

Meski keduanya memiliki masing-masing manfaat, Adam Friedman MD menjelaskan bahwa mandi dengan air hangat lebih berpotensi membuat kulit menjadi kering. Oleh sebab itu, Friedman menyarankan untuk mengoleskan pelembab setelah mandi air hangat.

"Air dingin lebih baik untuk menjaga kesehatan kulit. Misalnya, ketika kulitmu gatal-gatal, air dingin dapat membantu mengurangi rasa gatal itu," jelas Friedman dikutip dari Healthline.

Di sisi lain, air dingin dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga dapat memperlancar peredaran darah. Sementara itu, air panas dapat membuka pembuluh darah, sehingga darah dapat mengalir ke seluruh otot. Hal ini cukup baik untuk membantu regenerasi kulit.

Oleh sebab itu, baik mandi di pagi hari dengan air dingin atau panas, sebetulnya tidak menjadi masalah bagi kesehatan. Meski demikian, mandi air dingin memang lebih dianjurkan untuk menjaga kesehatan kulit.



Simak Video "Serba-serbi Distribusi 'Cold Chain' Vaksin Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)