Jumat, 09 Okt 2020 12:23 WIB

China Kembangkan Vaksin Ganda Flu dan COVID-19, Siap Uji Coba ke Manusia

Ayunda Septiani - detikHealth
Vaccines / Health Care Concept Virus Corona COVID-19 (Foto: iStock)
Jakarta -

China membuat vaksin untuk influenza dan COVID-19 berbentuk semprotan hidung. Uji klinis pada manusia rencananya dimulai bulan depan.

Ahli penyakit menular di departemen mikrobiologi Universitas Hong Kong, Yuen Kwok Yung, mengatakan uji klinis tahap awal akan melibatkan 100 orang dewasa. Vaksin ini serupa dengan imunisasi flu yang sebelumnya sudah ada di pasaran, dirancang untuk membasmi virus di hidung.

"Ide kami adalah kami menginginkan perlindungan influenza dan COVID-19 pada saat bersamaan," kata Yuen dalam sebuah wawancara, dikutip dari laman Bloomberg.

Penelitian mengenai semprotan eksperimental ini menerima dana dari Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi di Norwegia dan pemerintah Hong Kong, dan akan bergabung dengan puluhan uji klinis di seluruh dunia yang bertujuan untuk mengidentifikasi vaksin yang aman dan efektif untuk mencegah COVID-19.

China memulai studi klinis awal bulan lalu tentang vaksin semprotan hidung untuk COVID-19 yang dikembangkan bersama para peneliti di Universitas Xiamen dan Universitas Hong Kong, serta oleh pembuat vaksin Beijing Wantai Biological Pharmacy Enterprise Co.

Pengembangannya adalah menggunakan rekayasa genetika untuk membasmi NS1 virus dan memasukkan pengikat reseptor dari spike protein virus SARS-CoV-2.

"Dan kemudian kami menunjukkan dengan sangat baik bahwa itu berhasil pada hewan," tambah Yuen.

Selain berpotensi melindungi dari dua virus sekaligus, pendekatan tersebut bertujuan untuk menstimulasi respons imun di lokasi selaput lendir di hidung.



Simak Video "Pihak WHO Ingatkan untuk Berbagi Vaksin ke Negara yang Kekurangan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)