Sabtu, 10 Okt 2020 07:00 WIB

Sering Kram Kaki Saat Bangun Tidur? Mungkin Ini Penyebabnya

Thalitha Yuristiana - detikHealth
Wake up woman - close up image woman legs in bedroom Bangun tidur lalu kram (Foto: iStock)
Jakarta -

Salah-satu keluhan setelah bangun tidur yang kerap dialami seseorang adalah kondisi kram pada bagian tubuh tertentu misalnya kaki. Dikutip dari Cleveland Clinic, kaki kram dapat terjadi pada siapa saja ketika tidur. Namun, frekuensinya akan bertambah seiring bertambahnya usia.

American Family Physician menjelaskan bahwa kram kaki nokturnal yang kerap dialami setelah bangun tidur mempengaruhi hingga 60 persen orang dewasa. Nama lain dari kram kaki nokturnal adalah kejang otot. Kaki kram saat tidur terjadi ketika otot pada kaki mengencang tanpa disadari.

Kram kaki paling sering dialami oleh otot gastrocnemius atau otot betis yang posisinya membentang di belakang setiap kaki mulai dari pergelangan kaki hingga lutut. Selain itu kram kaki juga mempengaruhi otot-otot di paha.

Dikutip dari Healthline, belum ada penelitian yang mengkaji spesifik tentang bagaimana kram di kaki dapat muncul setelah bangun tidur. Namun, ada faktor-faktor dapat meningkatkan risiko untuk mengalami kram kaki ini. Misalnya tidur dengan kaki yang ditekuk atau dikenal dengan posisi fleksi plantar. Posisi ini dapat memperpendek otot betis, sehingga membuat otot mudah untuk terkena kram.

Kram kaki pada saat bangun tidur juga dipengaruhi oleh:

  • Gaya hidup yang jarang berolahraga, olahraga terlalu berat
  • Posisi tidur yang tidak benar dan terlalu lama tidak mengubah posisi
  • Aktivitas saraf abnormal
  • Adanya pemendekan tendon.

Tendon adalah bagian yang menghubungkan antara otot dan tulang yang dapat memendek secara alami seiring waktu. Dalam beberapa kasus, kram di kaki juga dapat menjadi gejala awal dari beberapa penyakit seperti diabetes, osteoartritis, parkinson, penyakit hati, ginjal dan tiroid.

Cara untuk meredakan kram kaki ketika bangun tidur adalah dengan memijat kaki secara berkala, merenggangkan kaki, berjalan dengan tumit, kompres dengan air hangat dan meminum obat-obatan.



Simak Video "Imunitas Tiap Orang Berbeda, Perhatikan Faktor yang Memengaruhinya"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)