Bolehkah Minum Susu di Pagi Hari Saat Perut Kosong?

ADVERTISEMENT

Bolehkah Minum Susu di Pagi Hari Saat Perut Kosong?

Elsa Himawan - detikHealth
Sabtu, 10 Okt 2020 07:31 WIB
Latin man drinking milk and looking at the camera
Minum susu di pagi hari saat perut kosong, bolehkah? (Foto: iStock)
Jakarta -

Minum susu di pagi hari, seringkali menjadi opsi utama yang dilakukan oleh banyak orang. Selain praktis, susu juga dianggap sehat dan mampu mengganjal perut.

Menurut konsultan gizi, dr Rupali Datta, bukanlah masalah jika ingin mengkonsumsi susu di pagi hari. Namun, tidak disarankan untuk mereka yang memiliki masalah lambung.

"Tidak masalah bila mengkonsumsi susu saat perut kosong, kecuali kamu memiliki pencernaan yang buruk, seperti masalah lambung atau tidak toleran laktosa," ujar dr Rupali melalui laman Food NDTV.


Akan tetapi ahli gizi makrobiotik dan praktisi kesehatan, Shilpa Arora ND tidak merekomendasikan susu sebagai asupan pertama saat perut masih kosong. Sebab, pada pagi hari akan lebih baik jika mengkonsumsi minuman yang bisa membersihkan atau melancarkan sistem pencernaan. Misalnya, air putih dengan perasan jeruk lemon.

Selain itu, Ayurveda, seorang konsultan gizi menyampaikan bahwa boleh atau tidaknya seseorang mengkonsumsi susu dalam keadaan perut yang masih kosong, tergantung pada reaksi tubuh mereka masing-masing.

Misalkan, orang-orang yang rentan terkena alergi, sebaiknya menghindari minum susu saat perut kosong. Sebab, hal ini dapat membuat mereka mual ketika sedang melakukan berbagai aktivitas.



Simak Video "Dokter Spesialis Sebut Mag Tak Menyebabkan Kematian"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT