Senin, 21 Sep 2020 06:45 WIB

3 Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
ilustrasi kopi dan minum kopi Secangkir kopi di pagi hari (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Bagi penggemar beratnya, minum kopi di pagi hari ibarat dua sisi mata uang. Di satu sisi memberikan banyak manfaat, tapi di sisi lain juga berisiko memicu berbagai keluhan.

Pada akhirnya, yang menentukan adalah takaran. Umumnya, kopi akan memberikan efek samping jika dikonsumsi terlalu sering dan berlebihan. Ini berlaku pada penggemar kopi sekalipun.

Takaran yang dimaksud bisa berbeda-beda pada setiap orang, tergantung sensitivitas masing-masing. Ada yang secangkir saja sudah bikin jantung berdebar-debar, tetapi ada juga yang sampai 3 cangkir masih biasa saja.

Nah, berikut ini beberapa manfaat kopi setiap hari, seperti dirangkum dari berbagai sumber:

1. Menurunkan risiko penyakit kronis

Dikutip dari The Healthy, minum tiga sampai lima gelas kopi setiap hari bisa menurunkan risiko penyakit kanker, diabetes tipe 2, penyakit parkinson (kerusakan atau kematian sel saraf di bagian otak), demensia (penurunan daya ingat), dan penyakit hati.

Beberapa ahli mengatakan minum kopi sebagai resep panjang umur alami. Namun, perlu diingat jenis kopi yang sehat adalah kopi hitam tanpa krim, susu, dan gula.

2. Memperbaiki suasana hati

Kandungan kafein dalam kopi bisa meningkatkan konsentrasi, kewaspadaaan, memperbaiki daya ingat, serta meningkatkan suasana hati. Sebuah studi di Harvard's School of Public Health pada 2013, melaporkan efek kafein bisa meningkatkan suasana hati sehingga menurunkan risiko depresi dan bunuh diri.

3. Meningkatkan performa olahraga

Kafein alami dalam kopi bisa meningkatkan kinerja fisik, terutama saat olahraga jenis aerobik atau ketahanan. Jumlah kafein yang disarankan untuk meningkatkan performa olahraga adalah 2-6 miligram kafein per kilogram berat badan.



Simak Video "Suka Tidur dengan Bantal Tinggi? Waspada Gejala Penyakit Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)