Senin, 12 Okt 2020 17:30 WIB

Program Vaksin COVID-19 Mulai November, Apa Itu Emergency Use Authorization?

Firdaus Anwar - detikHealth
Covid-19: Siapa yang pertama kali akan mendapatkan vaksin virus corona dan seberapa cepat akan tersedia? Program vaksin COVID-19 mulai awal November 2020, apa itu emergency use authorization? (Foto ilustrasi: BBC World)
Jakarta -

Kementerian Kemaritiman dan Investasi mengungkapkan Indonesia akan mulai menjalankan program vaksin virus Corona COVID-19 di bulan November 2020. Ada 6,6 juta dosis vaksin yang didatangkan dari China hasil produksi perusahaan Sinopharm, Sinovac, dan CanSino.

Vaksin-vaksin tersebut diketahui saat ini memasuki tahap akhir dari uji klinis. Namun, beberapa negara sudah lebih dulu menggunakannya dengan alasan Emergency Use Authorization (EUA).

"Emergency Use Authorization dari Pemerintah Tiongkok telah diperoleh ketiga perusahaan tersebut pada bulan Juli 2020," tulis rilis berita dari Kementerian Kemaritiman dan Investasi.

Apa itu sebetulnya EUA?

Dikutip dari halaman resmi Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), EUA pada dasarnya adalah izin penggunaan metode atau produk medis tertentu untuk suatu penyakit dalam kondisi darurat. EUA bisa dikeluarkan otoritas bila dianggap sudah ada bukti ilmiah yang cukup terkait efektivitas dan risiko keamanan suatu produk.

Hanya saja karena ini izin darurat, produk atau metode terkait tidak bisa digunakan secara luas. Biasanya hanya kelompok tertentu yang akan diberikan izin karena dianggap paling berisiko.

"EUA digunakan untuk membantu produk medis bisa digunakan secepatnya, dengan mengizinkan produk yang belum berizin dapat digunakan pasien ketika tidak ada alternatif," tulis FDA.



Simak Video "Vaksin Corona Belum Direkomendasikan untuk Anak-anak dan Ibu Hamil"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)