Jumat, 16 Okt 2020 07:00 WIB

4 Cara Mudah Cegah Penyakit Jantung, Salah Satunya Olahraga

Thalitha Yuristiana - detikHealth
Fitness girl running on treadmill. Woman with muscular legs in gym Olahraga bisa menurunkan risiko penyakit jantung (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Penyakit jantung adalah penyebab kematian paling banyak di dunia. Dikutip dari MayoClinic, jenis penyakit jantung yang kerap menjangkiti antara lain penyakit jantung koroner, penyakit jantung bawaan, aritmia, gagal jantung dan infeksi jantung. Berdasarkan data World Health Organisation (WHO) penyakit ini telah merenggut 17,9 juta jiwa tiap tahun.

Angka tersebut dapat ditekan dengan upaya pencegahan dan identifikasi sedini mungkin. Untuk itu, Anda harus mengetahui faktor apa yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Salah satunya adalah obesitas. Indeks massa tubuh di atas 30 kg/m2 dapat meningkatkan risiko untuk terkena penyakit jantung.

Tak hanya itu, kadar kolestrol dan tekanan darah tinggi juga menyebabkan adanya tumpukan plak di arteri dan menyempitan pembuluh darah yang menghambat peredaran darah sehingga turut berkontribusi meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Diabetes juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung karena diabetes memicu penumpukan plak di arteri. Diabetes dapat membatasi peredaran darah yang kemudian dapat memicu terjadinya stroke.

Mengingat risikonya yang tinggi, pencegahan penyakit jantung menjadi sangat krusial. Dikutip dari Cleveland Clinic, ada empat cara mudah yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit jantung.

1. Rutin berolahraga

Dengan berolahraga, otot-otot jantung dapat berfungsi dengan optimal dalam menjalankan fungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Olahraga juga dapat divariasikan dengan latihan ketahanan. Ahli menyarankan untuk melakukan olahraga intensitas sedang minimal 150 menit perminggu.

2. Diet sehat

Diet sehat menjadi salah satu upaya untuk mencegah penyakit jantung karena diet yang sehat terbukti dapat menghilangkan penumpukan plak di arteri. Salah satu diet yang dianjurkan untuk dilakukan adalah diet mediterania. Diet ini berfokus pada konsumsi sayur, buah, dan biji-bijian utuh yang juga dilengkapi dengan lemak sehat.

Salah satu penelitian yang dipublikasikan oleh New England Journal of Medicine menemukan bahwa metode diet ini dapat menyeimbangkan kolestrol dan tekanan darah. Sehingga diet ini dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

3. Tidak merokok

Aterosklerosis adalah dampak yang ditimbulkan dari merokok. Dalam banyak penelitian, merokok memiliki hubungan dengan risiko penyakit jantung. Semakin tinggi intensitas merokok seseorang, maka semakin tinggi risiko serangan jantung yang dapat terjadi.

4. Pemeriksaan rutin

Identifikasi dini adalah hal yang krusial agar penyakit jantung dapat dengan segera ditangani. Perlu diketahui juga bahwa penyakit jantung dapat diakibatkan oleh faktor genetika. Maka dari itu, pemeriksaan rutin harus terus dilakukan untuk pencegahan sedini mungkin penyakit jantung.



Simak Video "Pentingnya Deteksi Jantung saat Berolahraga"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)