Jumat, 16 Okt 2020 13:07 WIB

Sampai Lapor Polisi Gara-gara Kecil, Ini Rerata Ukuran Mr P di Indonesia

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
An unrecognizable mans hands hold a tape measure to the crotch of his jeans, checking size or growth with his forefinger. Ilustrasi ukuran penis. (Foto: iStock)
Jakarta -

Seorang pria di Kabupaten Probolinggo melaporkan istrinya atas dugaan pencemaran nama baik. HF (48) melaporkan istrinya PM (46) karena menceritakan alat kelaminnya kecil.

Hingga kini ukuran alat vital masih menjadi topik perdebatan yang tak pernah usai. Terlebih bagi pria, ukuran penis jadi hal yang penting sebab masih banyak yang beranggapan kejantanan dilihat dari ukuran penis seseorang.

Sebuah survei mengungkap ukuran penis dari berbagai negara. Sebuah grafik dari Target Map yang dipublikasikan pada awal September 2020 membandingkan ukuran penis pria di seluruh dunia ketika ereksi.

Dalam survei tersebut terlihat ukuran penis rata-rata pria Indonesia saat ereksi adalah sekitar 10,5 - 12,9 cm. Indonesia masuk ke dalam zona hijau muda yang artinya kedua terkecil.

Hal ini senada dengan penuturan dr Heru H. Oentoeng, dokter reproduksi di Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk. Ia menyebut rata-rata ukuran alat vital pria Indonesia 7-9 cm saat rileks dan bisa mencapai 15 cm saat ereksi.

"Ukuran normal penis dari sisi medis sesuai dengan rata-rata statistik. Biasanya untuk orang Indonesia, statistik normalnya 7-9 hingga 15 cm, sama dengan Asia," tuturnya ketika berbincang dengan detikcom beberapa waktu lalu.

Meski demikian tidak mudah menentukan ukuran normal alat kelamin pria. Ada banyak penelitian dilakukan, tetapi tidak satupun yang menjadi patokan baku sebagai ukuran 'normal'.

Para ahli juga sepakat bahwa dibandingkan ukuran penis, kemampuan ereksi lebih berpengaruh ketika dikaitkan dengan kepuasan pasangan.



Simak Video "Tips Agar Tetap Sehat di Musim Hujan"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)