Jumat, 16 Okt 2020 14:20 WIB

Berapa Lama Virus Corona Bertahan Hidup di Benda Mati? Ini Daftarnya

Tim detikcom - detikHealth
Sars-CoV-19 test tube in purple protective glove, virus illustration on computer screen in background Foto: Getty Images/iStockphoto/PS3000/Berapa Lama Virus Corona Bertahan Hidup di Benda Mati? Ini Daftarnya
Jakarta -

Virus corona dapat menyebar terutama dari orang ke orang melalui percikan dari hidung dang mulut yang keluar saat orang terinfeksi COVID-19 batuk, bersin atau berbicara. Percikan yang mengandung virus Corona itu juga dapat menempel pada permukaan benda mati.

Seperti yang dikutip dari situs Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), orang kemudian dapat terinfeksi dengan menyentuh benda mati tersebut kemudian menyentuh mata, hidung, atau mulut. Menurut sejumlah penelitian, berapa lama virus Corona bertahan hidup di permukaan tergantung pada bahan benda tersebut.

Virus Corona misalnya disebut dapat hidup berjam-jam hingga berhari-hari di permukaan seperti meja. Sementara di tembaga virus ini bertahan dalam hitungan jam. Namun sejauh ini penularan lewat menyentuh permukaan yang terkontaminasi tersebut risiko lebih rendah daripada orang ke orang.

Berikut adalah panduan berapa lama virus corona dapat bertahan hidup di benda mati yang mungkin Anda sentuh setiap hari.

Perlu diingat bahwa para peneliti masih harus banyak belajar tentang virus corona. Tetapi Anda mungkin lebih mungkin tertular dari berada di sekitar seseorang yang terkena virus corona daripada menyentuh permukaan yang terkontaminasi.

Berikut waktu virus corona bertahan di berbagai jenis benda seperti dilansir WebMD:

1. Logam

Contoh: gagang pintu, perhiasan, peralatan perak. Waktu virus corona bertahan 5 hari

2. Kayu

Contoh: furnitur

Waktu virus corona bertahan 4 hari

3. Plastik

Contoh: wadah susu dan botol deterjen, kursi kereta bawah tanah dan bus, ransel, tombol lift

Waktu virus corona bertahan 2 sampai 3 hari.

4. Besi Tahan Karat

Contoh: lemari es, panci dan wajan, bak cuci, beberapa botol air. Waktu virus corona bertahan 2 sampai 3 hari.

5. Kardus

Contoh: kotak pengiriman. Waktu virus corona bertahan 24 jam.

6. Tembaga

Contoh: uang receh, ketel, peralatan masak. Waktu virus corona bertahan 4 jam.

7. Aluminium

Contoh: kaleng soda, kertas timah, botol air. Waktu virus corona bertahan 2 sampai 8 jam.

8. Kaca

Contoh: gelas minum, gelas ukur, cermin, jendela. Waktu virus corona bertahan 5 hari.

9. Keramik


Contoh: piring, tembikar, mug. Waktu virus corona bertahan 5 hari

10. Kertas

Contoh: surat, koran. Lama virus corona bertahan bervariasi. Beberapa jenis virus corona hidup hanya beberapa menit di atas kertas, sementara yang lain hidup hingga 5 hari.

11. Makanan

Contoh: makanan delivery, hasil bumi. Virus corona tampaknya tidak menyebar melalui makanan.

12. Air

Virus corona belum ditemukan di air minum. Jika corona masuk ke dalam pasokan air, instalasi pengolahan air lokal Anda menyaring dan mendisinfeksi air, yang seharusnya membunuh semua kuman.

13. Kain

Contoh: baju, linen

Tidak banyak penelitian tentang berapa lama virus corona hidup di kain. Tetapi mungkin tidak selama di permukaan yang keras.

14. Sepatu

Satu studi menguji sol sepatu staf medis di unit perawatan intensif rumah sakit China (ICU) dan menemukan bahwa setengahnya positif asam nukleat dari virus corona. Tetapi tidak jelas apakah potongan virus ini menyebabkan infeksi. Bangsal umum rumah sakit, yang memiliki orang-orang dengan kasus yang lebih ringan, kurang terkontaminasi dibandingkan ICU.

15. Kulit dan Rambut

Belum ada penelitian tentang berapa lama virus dapat hidup di kulit atau rambut Anda. Rhinovirus, yang menyebabkan pilek, bertahan selama berjam-jam. Itulah mengapa penting untuk mencuci atau mendisinfeksi tangan Anda, yang kemungkinan besar akan bersentuhan dengan permukaan yang terkontaminasi.

Yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi peluang Anda tertular atau menyebarkan virus corona baru, bersihkan dan desinfeksi permukaan dan benda umum di rumah dan kantor Anda setiap hari. Ini termasuk:

-Kenop pintu
-Perlengkapan kamar mandi
-Telepon
-Keyboard

-Remote control

-Toilet

-Gunakan semprotan atau lap pembersih rumah tangga. Jika permukaannya kotor, bersihkan terlebih dahulu dengan sabun dan air, lalu disinfeksi.


-Jaga kebersihan permukaan, meskipun semua orang di rumah Anda sehat. Orang yang terinfeksi mungkin tidak menunjukkan gejala, tetapi mereka tetap dapat menularkan virus.

-Cuci tangan Anda dengan sabun dan air hangat setidaknya selama 20 detik setelah Anda mengunjungi apotek atau supermarket. Selain itu membawa makanan untuk dibawa pulang atau surat kabar yang diantar.

-Sebaiknya cuci buah dan sayuran di bawah air mengalir sebelum Anda memakannya. Gosok dengan sikat atau tangan Anda untuk menghilangkan kuman yang mungkin ada di permukaan. Jika Anda memiliki sistem kekebalan yang lemah, Anda mungkin ingin membeli produk beku atau kalengan.

Tidak ada bukti bahwa ada orang yang tertular virus dari kemasan makanan. Tapi jika mau, Anda bisa menyeka wadah untuk dibawa pulang atau barang belanjaan dan membiarkannya mengering.

Cuci atau desinfeksi tas belanjaan yang dapat digunakan kembali setelah digunakan. Sering-seringlah mencuci kain bekas menggunakan air hangat yang direkomendasikan pabriknya. Lalu keringkan seluruhnya. Kenakan sarung tangan sekali pakai saat menangani cucian orang yang sakit. Buang setelah selesai, dan cuci tangan Anda.

Virus mungkin tidak akan bertahan dalam waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman surat atau barang kiriman lainnya. Risiko tertinggi berasal dari orang yang mengantarkannya.

Batasi kontak Anda dengan pengantar barang sebanyak yang Anda bisa. Anda juga dapat meninggalkan paket di luar selama beberapa jam atau menyemprotnya dengan disinfektan sebelum membawanya masuk. Cuci tangan Anda setelah menangani surat atau paket.

Jika mau, Anda dapat mendisinfeksi sol sepatu dan menghindari memakainya di dalam ruangan.


Virus Corona dan Suhu

Virus corona umumnya tidak hidup selama suhu dan tingkat kelembapan yang lebih tinggi daripada di kondisi yang lebih dingin dan lebih kering. Para peneliti sedang mempelajari apakah paparan panas, dingin, atau sinar matahari memengaruhi berapa lama virus baru hidup di permukaan.

Viabilitas Virus Corona

Para ilmuwan juga tidak tahu berapa banyak virus yang dibutuhkan untuk menyebabkan infeksi. Sekalipun sejumlah kecil bertahan di permukaan selama berhari-hari, ini mungkin tidak cukup untuk membuat Anda terkena virus corona.

Demikianlah penjelasan berapa lama virus corona bertahan hidup di benda mati. Seseorang yang terinfeksi virus corona, akan menunjukkan beberapa gejala dan umumnya masa inkubasi COVID-19 diperkirakan berkisar dari 1 hingga 14 hari. Namun bisa juga 5 hari.


Gejala virus corona yang paling umum yakni demam, batuk kering, dan kelelahan. Ada juga gejala yang sedikit tidak umum seperti sakit kepala, hilangnya indera perasa atau penciuman, ruam pada kulit, atau perubahan warna pada jari tangan atau jari kaki.

Bahkan gejala serius sesak napas, nyeri dada, dan hilangnya kemampuan berbicara atau bergerak. Segera lakukan tes swab untuk mengetahui apakah Anda terkena virus corona.



Simak Video "Yang Harus Dilakukan Jika Tak Bisa Cium Bau Seperti Gejala Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)