Sabtu, 17 Okt 2020 17:00 WIB

Ini Prediksi Terbaru Terkait Pemberian Vaksin COVID-19

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Virus corona: Para pemimpin dunia sepakat galang Rp120 triliun demi ciptakan vaksin virus corona Ilustrasi vaksin Corona. (Foto: BBC World)
Jakarta -

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) memposting prediksi bahwa vaksin untuk virus Corona akan tersedia pada akhir tahun ini.

Dalam situs resminya, CDC mengungkapkan kemungkinan di tahap awal, pasokan vaksin akan terbatas jumlahnya. Tetapi, jumlah pasokan ini akan meningkat dalam beberapa minggu atau bulan pasca vaksin Corona tersebut rilis.

"Tujuannya agar semua orang bisa mudah mendapatkan vaksin COVID-19 dengan segera setelah tersedia dalam jumlah yang besar," kata CDC pada situs resminya yang dikutip dari CNN International, Sabtu (17/10/2020).

"Rencananya adalah dengan menyediakan beberapa ribu tempat vaksinasi, sehingga tidak ada yang harus bepergian jauh untuk divaksinasi, apakah itu di tempat praktik dokter, apotek ritel, rumah sakit. atau pusat kesehatan yang memenuhi persyaratan," lanjutnya.

Di Amerika Serikat, CDC hanya membantu dalam mendistribusikan vaksin. National Institutes of Health membantu mengembangkan dan menguji vaksin, sementara Food and Drug Administration (FDA) akan memberikan otorisasi atau persetujuan penggunaan darurat.

Menurut direktur National Institute of Allergy and Infectious Disease, Anthony Fauci, kemungkinan vaksin Corona ini akan tersedia secara luas pada April mendatang.

Ia juga mengingatkan agar para ilmuwan segera mendapatkan data soal keamanan dan efektivitas vaksin yang saat ini dikembangkan di November- Desember tahun ini.

Fauci memprediksi, pada tahap awal ini vaksin mungkin baru tersedia beberapa juta dosis.

"Jika pasokan terbatas, beberapa kelompok mungkin akan diprioritaskan untuk mendapatkan vaksin COVID-19 terlebih dahulu," tulis CDC.



Simak Video "Vaksin Corona Belum Direkomendasikan untuk Anak-anak dan Ibu Hamil"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)