Senin, 19 Okt 2020 12:11 WIB

Kenali Gejala Norovirus, Penyebab KLB di China yang Juga Ada di Indonesia

Ayunda Septiani - detikHealth
Toilet Diare dan nyeri perut termasuk gejala norovirus (Foto: iStock)
Jakarta -

Lebih dari 70 mahasiswa universitas di daerah Taiyuan, China dilaporkan terpapar norovirus baru-baru ini. Gejala infeksi norovirus mencakup diare dan muntah-muntah.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) yang juga spesialis penyakit dalam, Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, menjelaskan bahwa norovirus bukanlah virus yang baru. Meski begitu, norovirus ini perlu diwaspadai karena faktanya juga ditemukan di Indonesia.

"Virus ini (norovirus) juga ada di Indonesia seperti yang dilaporkan oleh peneliti Indonesia di jurnal internasional dari Institute of Tropical Disease Universitas Airlangga," kata Prof Ari dalam rilis yang diterima detikcom Senin (19/10/2020).

Bagaimana gejala norovirus?

Prof Ari menyebut gejala norovirus meliputi demam, nyeri perut, diare, mual dan muntah. Gejala ini muncul setelah 24 jam sebelumnya mengonsumsi makanan yang tercemar.

"Hal yang memang perlu diperhatikan adalah ketika jumlah KLB (Kejadian Luar Biasa) yang dilaporkan terus meningkat," tegas Prof Ari.

"Sampai saat ini dari informasi yang ada dari Center for Disease Control and Prevention Tiongkok lebih dari 30 KLB sudah terjadi sejak September 2020 ini melibatkan 1.500 kasus terutama dilaporkan ditularkan melalui kantin karena adanya makanan yang tercemar," lanjut Prof Ari.



Simak Video "Norovirus Juga Ada di Indonesia, Begini Cara Cegah Penularannya"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)