Jumat, 23 Okt 2020 12:50 WIB

Wajib Tahu! 4 Benda Ini Berpotensi Tinggi Menularkan COVID-19

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
tourist budget for holidays in Indonesia. favorable exchange rates for the dollar to Indonesian rupees. Deretan benda yang disebut berisiko tinggi penularan COVID-19 menurut studi. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Tempat atau ruangan yang memiliki ventilasi buruk berisiko tinggi penularan COVID-19. Namun tidak hanya tempat, belakangan beberapa ahli mengungkap benda sehari-hari yang juga berisiko.

Baru-baru ini, studi dari Australia mengungkap uang kertas berisiko menjadi penularan COVID-19. Bahkan COVID-19 disebut bisa bertahan di uang kertas hingga 28 hari.

Selain uang kertas, ada beberapa benda yang juga perlu diwaspadai terkait penularan COVID-19. Dikutip dari Times of India, berikut beberapa benda yang berisiko penularan COVID-19 berdasarkan beberapa studi:

1. Permukaan di fasilitas umum

Meskipun memakai masker dan menjaga jarak telah diterapkan, namun risiko tertular COVID-19 masih tetap ada saat bepergian menggunakan fasilitas umum. Waspada berbagai permukaan di fasilitas umum termasuk transportasi publik.

Benda di transportasi umum termasuk tiang jendela terbuat dari baja, kaca, dan bahan serupa. Para peneliti meyakini deretan permukaan tersebut dapat menjadi tempat yang baik bagi virus untuk berkembang biak di lingkungan dengan suhu sedang.

Selain itu, permukaan di fasilitas umum sering disentuh setiap orang dan risiko virus Corona COVID-19 bertahan di sana sangat besar.

2. Uang kertas

Studi di Australia juga menemukan bahwa virus Corona COVID-19 bisa bertahan di uang kertas hingga 28 hari, dalam suhu 20 derajat. Maka dari itu, pembayaran secara non-tunai lebih disarankan agar meminimalisir risiko penularan COVID-19.

"Bahkan ketahanan virus Corona di permukaan disebut lebih kuat dibandingkan virus flu pada umumnya, yakni 17 hari," jelas para peneliti Australian Centre for Disease Preparedness (ACDP) dikutip dari Bloomberg.

3. Layar ponsel

Salah satu barang yang paling sering dibawa kemana pun adalah ponsel. Tetapi, studi menemukan layar ponsel rupanya berisiko menularkan virus Corona COVID-19.

Dalam layar ponsel, virus, bakteri, dan banyak kuman lainnya bisa bertahan di sana. Secara tidak sadar saat jari menyentuh layar ponsel yang terdapat virus dan bakteri, dan jari memegang hidung, mulut, atau mata, di situ lah penularan COVID-19 berisiko terjadi.

Maka dari itu, penting untuk memastikan layar ponsel tetap bersih termasuk saat membawanya ke tempat apapun. Bahaya yang sama juga dapat meluas ke peralatan lain seperti tablet, komputer, dan layar lainnya.

4. Mesin ATM

Salah satu permukaan yang sehari-hari ditemui dan termasuk berisiko menularkan COVID-19 adalah mesin ATM. Salah satu risiko penularan COVID-19 terjadi saat menekan tombol untuk memasukkan pin.

Tombol-tombol, layar kaca, hingga lingkungan tertutup, ATM bisa menjadi tempat yang berisiko untuk dikunjungi, selama pandemi COVID-19. Hal yang terbaik untuk menghindari penularan terjadi tentu dengan beralih ke transaksi online.

Namun, jika tetap perlu mendatangi ATM, ada baiknya untuk segera mencuci tangan usai menyentuh permukaan ATM. Pastikan juga untuk selalu memakai masker.



Simak Video "Masker Katup Tak Mampu Tangkal Penularan Covid-19 "
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)