Senin, 26 Okt 2020 09:06 WIB

5 Penyebab Bau Badan, Makanan hingga Berbagai Masalah Kesehatan

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
Stinky. Closeup portrait headshot woman pinches nose with fingers hands looks with disgust something stinks bad smell situation isolated on gray wall background. Face expression body language reaction Berbagai penyebab bau badan (Foto: iStock)
Jakarta -

Bau badan atau bau kaki sering kali menjadi masalah. Kondisi ini membuat kamu kurang percaya diri di depan banyak orang.

Biasanya menghilangkan bau badan dengan cara mandi dan memakai deodoran. Namun dalam kasus tertentu, bau badan tersebut tidak kunjung hilang. Ternyata, kondisi ini dapat mengindikasikan pada masalah kesehatan, lho.

Dikutip dari Healthline, berikut 5 masalah kesehatan yang menyebabkan bau badan:

1. Diet

Beberapa makanan yang dikonsumsi dapat menyebabkan bau badan. Beberapa penelitian menemukan bahwa pria yang memiliki pola makan yang sehat memiliki bau keringat.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi asupan berkarbohidrat tinggi dapat menyebabkan bau keringat yang kurang sedap. Selain itu, konsumsi daging berlebih juga memunculkan bau badan dibandingkan mengkonsumsi nabati.

Tidak perlu khawatir dan berhenti mengkonsumsi makanan sehat. Karena bau badan ini hanya bersifat sementara.

2. Stres

Stres dapat membuat kamu lebih banyak berkeringat, yang menyebabkan bau badan lebih kuat. Menurut penelitian tahun 2016, hiperhidrosis dan stres saling berhubungan. Hiperhidrosis sering didiagnosis pada orang dengan kondisi kesehatan mental, seperti kecemasan sosial.

3. Diabetes

Diabetes merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh tidak menghasilkan cukup insulin, atau tidak dapat menggunakan insulin yang dibuatnya secara efektif. Ini menyebabkan gula darah tinggi sehingga memunculkan bau badan.

4. Infeksi vagina

Beberapa infeksi vagina, seperti infeksi parasit vagina atau vaginosis bakterial, dapat menyebabkan perubahan bau vagina secara tiba-tiba. Jenis infeksi lain yang terjadi di luar vagina juga dapat menyebabkan perubahan bau badan.

5. Infeksi kulit

Jika kulit mengalami infeksi. Tubuh akan mengalami bau di area infeksi. Beberapa jenis infeksi atau kondisi kulit yang mungkin menyebabkan bau badan meliputi:

- Trichomycosis axillaris, infeksi bakteri pada folikel rambut ketiak
- Eritrasma, infeksi kulit akibat bakteri superfisial
- Intertrigo, ruam pada lipatan kulit yang bisa menjadi berbau saat ada infeksi seperti kandidiasis (infeksi jamur).



Simak Video "Pesan Dokter Jika Anak Terinfeksi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)