Rabu, 28 Okt 2020 17:00 WIB

Olahraga Sejak Muda Termasuk Investasi Loh!

Yudistira Imandiar - detikHealth
Two female runners in pink and blue athletic shirts are training for their next race. These women enjoy running at sunset in the evening together as friends on the trails through. Running is their way of staying active and healthy. Foto: Getty Images/RichVintage
Jakarta -

Siapa bilang berinvestasi cuma dari benda berharga seperti properti, emas, atau saham. Olahraga juga termasuk investasi jangka panjang yang bisa memengaruhi kualitas hidup. Orang yang rutin berolahraga cenderung bisa menjaga kesehatannya di usia lanjut.

Aktor sekaligus olahragawan Volland Humonggio mengatakan olahraga mesti disempatkan, sekalipun sibuk beraktivitas. Jika sibuk di siang sampai sore hari, usahakan olahraga pagi hari. Tapi, jika sibuk dari pagi sampai siang hari bisa berolahraga di siang hari.

Menurutnya kerja keras untuk mengumpulkan materi di masa muda akan sia-sia apabila di masa tua tidak memiliki kesehatan yang baik. Uang yang sejak lama dikumpulkan malah ludes untuk berobat.

"Mendingan kita (sempatkan) olahraga, jadi saat muda sibuk bekerja nanti tua kita happy. Itu mindset yang saya coba terapkan ke teman-teman," kata Volland dalam Konferensi Generasi #GaPakeNanti yang diselenggarakan BNI bekerja sama dengan detikcom, Rabu (28/10/2020).

Eks pebasket nasional yang kini bekerja di BNI, Ronaldo Sitepu menambahkan olahraga merupakan suatu keharusan, terlebih di masa pandemi. Menurutnya olahraga tidak hanya bagus untuk kesehatan fisik, tapi juga dapat menjadi pereda stres.

Agar tidak malas berolahraga, kata pria yang akrab disapa Dodo ini, cari kegiatan olahraga yang benar-benar disukai. Melakukan olahraga yang disukai maka akan menyenangkan dilakukan secara rutin.

"Olahraga itu jadi kegiatan rutin yang harus dimasukkan (jadwal harian). Mungkin awalnya jadi kayak pengorbanan tapi secara otomatis bisa mendisiplinkan. Cari olahraga paling efektif dan efisien dengan sendirinya kita bisa melihat mana yang paling pas. Masuk komunitas itu salah satu (cara) juga yang bisa meng=influence kita untuk olahraga. Dalam perjalanannya kita juga akan menemukan olahraga yang paling pas untuk kita," papar Dodo.

Dodo berpendapat olahraga membuat orang lebih disiplin membagi waktu, hingga mengelola finansial. Misalnya saat menyukai olahraga baru yang butuh perlengkapan pendukung, maka seseorang akan berusaha mengatur keuangan agar bisa memenuhi perlengkapan tersebut tanpa mengganggu rencana keuangan yang pokok. Salah satu mewujudkannya dengan menggunakan kartu kredit #BNIGaPakeNanti.

"Misalnya Kita bisa bayar dengan kartu kredit BNI karena banyak benefit dan promo. Kita harus cerdik menyiasati mana yang paling pas efektif dan efisien," kata Dodo.



Simak Video "Beraksi 'Bunny Hop' dan 'Fakie' dengan Freestyle Scooter! "
[Gambas:Video 20detik]
(prf/up)