Rabu, 28 Okt 2020 19:11 WIB

Round Up

Ngegas Terus! dr Tirta Samakan Aliansi Dokter Dunia dengan Sunda Empire

Tim detikHealth - detikHealth
dr Tirta Mandira Hudhi dr Tirta Mandira Hudhi mengomentari Aliansi Dokter Dunia (Foto: Ayunda Septiani/detikHealth)
Jakarta -

Video viral Aliansi Dokter Dunia menggelitik influencer yang juga dokter, Tirta Mandira Hudhi. Bersama koleganya di Kobe University, ia membedah berbagai klaim sesat organisasi tersebut soal COVID-19.

Salah satu yang dikomentari adalah soal tuduhan 90 persen hasil positif pada tes PCR (polymerase chain reaction) adalah false positive. Disebutkan, ketidakakuratan tes PCR disebabkan karena sampel virus tidak dimurnikan.

"Dimurnikan itu apa maksudnya? Sulingan? Sulingan bensin?" celetuk dr Tirta dalam Instagram Live, Selasa (27/10/2020).

Sisi lain Aliansi Dokter Dunia yang dibahas dalam perbincangan itu adalah reputasi para tokoh di dalamnya. Salah satunya Dr Mohammad Adil asal Pakistan, ahli bedah asal Pakistan yang dalam video viral mengaku sudah berkarier 30 tahun tanpa melakukan kesalahan.

"Ternyata dia sekarang dapat interim suspension. Izin praktiknya nggak boleh sementara, 12 bulan," kata dr Adam Prabata yang merupakan kandidat doktor di Kobe University.

Satgas Penanganan COVID-19 beberapa waktu lalu juga mengomentari viralnya video Aliansi Dokter Dunia atau World Doctor Aliance. Ditegaskan oleh Satgas, klaim bahwa COVID-19 sama seperti flu biasa adalah misinformasi.

"Absurdnya kaya Sunda Empire," kalau kata dr Tirta.



Simak Video "Epidemiolog Soroti Cara Pemerintah Tangkal Hoax Konspirasi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)