Senin, 02 Nov 2020 07:23 WIB

WHO Soroti Data Kematian Terkait COVID-19 di Indonesia

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Sebuah kuburan dibuat di taman di Jalan Jatinegara Barat, Jakarta. Kuburan bertuliskan WHO soroti kematian COVID-19 di Indonesia. (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan catatan terkait penanganan COVID-19 di Indonesia. Saat ini ada 412.784 kasus COVID-19 yang dikonfimasi dengan 341.942 sembuh dan 13.943 kematian.

Berdasarkan ketersediaan data yang dihimpun WHO, hanya kematian COVID-19 yang dikonfirmasi yang dimasukkan.

"Sesuai definisi WHO, kematian akibat penyakit yang kompatibel secara klinis dalam kasus COVID-19 yang mungkin atau terkonfirmasi adalah kematian terkait COVID-19," kata WHO dalam Situation Report Indonesia yang diterbitkan 28 Oktober.

"Kecuali ada penyebab kematian alternatif yang jelas yang tidak dapat dikaitkan dengan COVID-19 (misalnya trauma)," lanjutnya.

Selain itu, dari hasil pengamatan WHO selama tiga pekan disebutkan ada empat provinsi di Jawa dengan jumlah kasus COVID-19 terbanyak yang dikonfirmasi atau menempati porsi 58,9 persen dari total kasus, yaitu DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

"Sampai 28 Oktober, angka kematian akibat COVID-19 di DKI Jakarta per satu juta penduduk dipastikan tertinggi di negara ini, disusul Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Jawa Timur, Bali dan Sulawesi Utara," sebut WHO.



Simak Video "Kesalahan Strategi Negara dalam Tangani Corona Menurut WHO"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)