Senin, 02 Nov 2020 18:00 WIB

Jadi Alasan di Balik Sifat Arogan Anak Moge, Ini Cara Redam Emosi Saat Lelah

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Sejumlah pengendara Moge melintas di Flyover Pancoran, Jakarta, Minggu (31/05/2020). Mereka berkonvoi jelang penerapan new normal. Jadi alasan di balik sifat arogan anggota moge, ini cara meredam amarah saat lelah. (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta -

Baru-baru ini, kasus pengeroyokan prajurit TNI yang dilakukan sejumlah anggota klub moge Harley Owners Group Siliwangi Bandung Chapter (HOG SBC) di Bukittinggi, Sumatera Barat heboh jadi perbincangan.

Aksi arogan anggota klub moge ini mendapat kecaman dari sejumlah pihak, tak terkecuali masyarakat. Psikolog klinis dari Pro Help Center Nuzulia Rahma Tristinarum menyebut ada beberapa kemungkinan di balik sifat arogan anggota moge.

Salah satunya yang disebut adalah faktor kelelahan. "Faktor kelelahan memang bisa menjadi salah satu alasan yang memicu emosi buruk. Namun jika dilakukan beramai ramai, tentu penyebabnya bukan hanya faktor kelelahan saja," ungkap Rahma saat dihubungi detikcom Senin (2/11/2020).

Bagaimana tips mengatasi kelelahan khususnya saat berkendara agar tak memicu sifat arogan?

"Saat kelelahan, beri jeda sejenak pada kegiatan kita. Jangan memaksakan diri melakukan suatu kegiatan di saat badan sudah memberikan alarm untuk istirahat," jelas Rahma.

Alih-alih memaksakan aktivitas, Rahma menyebut ada baiknya lebih dulu melakukan peregangan otot secara sederhana. Hal ini untuk meredam segala emosi yang nantinya malah berakhir tak baik.

"Hal ini membuat efek yang kurang baik karena dapat mempengaruhi kondisi psikologis, di antaranya dapat lebih cepat memicu emosi yang tidak tepat dan akhirnya berperilaku salah," jelas Rahma.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meredam amarah saat lelah:

- Istirahat
- Bernapas yang dalam dan napas panjang
- Minum air putih
- Lakukan relaksasi ringan
- Lakukan peregangan otot secara sederhana



Simak Video "Faktor Penyebab Munculnya Ancaman Gelombang Ketiga Covid-19 di RI"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)