Selasa, 03 Nov 2020 08:01 WIB

Legenda MotoGP Casey Stoner Mengaku Idap Penyakit Kronis

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
KUALA LUMPUR, MALAYSIA - FEBRUARY 02:  Casey Stoner of Australia and Ducati Team looks on in box during the MotoGP Tests In Sepang at Sepang Circuit on February 2, 2016 in Kuala Lumpur, Malaysia.  (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Casey Stoner mengaku idap penyakit kronis. (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Legenda MotoGP asal Australia Casey Stoner mengungkap kondisi kesehatannya saat ini. Ia tengah bergelut dengan Chronic Fatigue Syndrome atau myalgic encephalomyelitis (ME).

Terdiagnosis sejak dua tahun lalu, Stoner menyebut sindrom kronis yang dialaminya berdampak pada pola tidur. Akibatnya, ia mengalami kelelahan dan gangguan daya ingat.

Stoner yang pensiun dari MotoGP pada 2012 setelah dua kali menjadi juara dunia, mengisahkan gejala awal saat menyadari penyakitnya tersebut. Awalnya, ia mengalami 'gejala ekstrem' yang membuatnya tidak bisa bergerak.

"Saya mulai mengalami gejala ME/CFS (Chronic Fatigue Symptom) pada 2018," sebutnya, dikutip dari Nine.com.au.

Menurut Stoner, banyak orang tidak menganggap serius gejala yang dialaminya hanya karena tidak kasat mata. Gejala yang dialaminya dianggap sebagai kelelahan biasa.

"Saat ini kita tidak punya obatnya. Kita tidak punya informasi yang cukup tentang hal itu yang bisa membantu," jelasnya.

Dikutip dari Miragenews, Stoner saat ini melibatkan diri dalam penelitian tentang penyakit ini. Ia membuat kampanye 'Help Cure ME' sebagai bentuk dukungan dan penggalangan dana untuk riset.



Simak Video "Satgas COVID-19 soal Vaksin Nusantara: Kewenangan Ada di BPOM"
[Gambas:Video 20detik]
(up/kna)