Selasa, 03 Nov 2020 09:11 WIB

Pandemi COVID-19 Belum Usai, Negara Ini Laporkan Kasus Flu Burung

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Pretty scientist studying new virus in laboratory Kasus flu burung ditemukan di Inggris (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Di tengah kekhawatiran akan pandemi COVID-19, Inggris menemukan adanya kasus flu burung. Otoritas Inggris telah mengkonfirmasi adanya kasus flu burung di peternakan ayam Frodsham di Cheshire.

Jenis flu burung H5N8 ditemukan di tempat tersebut dan otoritas setempat mengatakan temuan ini tidak berkaitan dengan strain H5N2 yang ditemukan di sebuah peternakan kecil dekat Deal di Kent.

Public Health England (PHE) melaporkan risiko terhadap kesehatan masyarakat sangat rendah dari kasus ini. Meski demikian, Kementerian Lingkungan, Pangan dan Urusan Pedesaan (DEFRA) akan memusnahkan 13 ribu unggas di peternakan tersebut.

"Tidak ada kasus H5N8 yang dikonfirmasi pada manusia. Risiko kesehatan masyarakat dianggap sangat rendah," kata Dr Gavin Dabrera dari PHE dikutip dari BBC.

Dalam beberapa bulan terakhir, Eropa telah melaporkan serangkaian wabah penyakit, yang menyebabkan gangguan besar pada program penyembelihan di industri unggas di kawasan itu.

Inggris menambahkan bahwa pihaknya sedang melakukan pengujian lebih lanjut untuk menentukan apakah flu burung jenis ini sangat patogen atau dapat menimbulkan penyakit dan berkaitan dengan virus yang saat ini sedang beredar di Eropa.



Simak Video "Laporan Rusia soal Pertama Kalinya Flu Burung H5N8 Menular ke Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)