Rabu, 04 Nov 2020 10:45 WIB

Maradona Alami Pembekuan Darah di Kepala, Begini Detail Kondisinya Kini

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
ZURICH, SWITZERLAND - JANUARY 09: Diego Maradona arrives for The Best FIFA Football Awards 2016 on January 9, 2017 in Zurich, Switzerland. (Photo by Philipp Schmidli/Getty Images) Diego Maradona segera dioperasi karena pembekuan darah di kepala. (Foto: Philipp Schmidli/Getty Images)
Jakarta -

Legenda sepakbola Diego Armando Maradona atau dikenal dengan Diego Maradona dilaporkan akan segera menjalani operasi di klinik Olivos, Ipensa Sanatorium, di La Plata, Argentina akibat pembekuan darah di kepalanya.

Berdasarkan hasil CT scan, ditemukan adanya hematoma subdural di kepala Maradona. Tetapi, masih belum diketahui pasti apa penyebabnya.

"Pasti kepalanya terbentur dan tidak menyadarinya, itu bisa terjadi setelah pil yang dia minum untuk insomnia. Para petugas medis mengatakan kepada saya bahwa ini bukan operasi yang berisiko dan dia akan menjalani operasi malam ini," jelas manajer Maradona, Stefano Ceci.

Hematoma subdural merupakan kumpulan darah di permukaan otak, tepatnya di antara dua lapisan pelindung otak yaitu duramater dan arachnoid. Kondisi ini umumnya disebabkan karena adanya benturan atau pukulan keras di bagian kepala.

Selain itu, dokter Federasi Sepakbola Argentina (AFA), Donato Villani mengatakan operasi ini seharusnya tidak memiliki masalah. Ia juga memastikan bahwa kondisi Maradona pasca diketahui mengalami hematoma subdural.

"Saya melihat di klinik, dia baik-baik saja. Saya memiliki perasaan yang luar biasa karena telah bekerja dengannya. Saya melihat dengan baik dan menunggu apa yang terjadi berdasarkan diagnosis," jelas Villani yang dikutip dari Marca, Rabu (4/11/2020).

Sebelumnya, Maradona sempat memiliki masalah pada kesehatannya. Pada tahun 2005 lalu, dia pernah menjalani operasi untuk menurunkan berat badan.

Di tahun 2013, Maradona juga pernah menjalani operasi mata, dan di 2015 sempat menjalani operasi kesekian kalinya di bagian perut karena mengalami pendarahan.



Simak Video "Ingat! Air Putih Tak Bisa Jadi Pengencer Darah "
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)