Rabu, 04 Nov 2020 17:54 WIB

Tips Hidup Bersama Diabetesi

Nurcholis Ma'arif - detikHealth
manula Foto: shutterstock
Jakarta -

Ketika seseorang terkena diabetes atau bisa disebut diabetesi, cara hidupnya sedikit banyak berubah untuk dapat menangani penyakit tersebut. Pada dasarnya, dalam penanganan diabetes, yang paling berperan adalah diabetesi sendiri.

Dalam 4 Steps to Manage Your Diabetes for Life dari NIDDK dijelaskan agar kondisi diabetes dapat terkontrol dengan baik, diabetesi harus menjalankan pola makan yang sehat, rutin beraktivitas fisik, konsumsi obat sesuai anjuran dokter, serta rutin memeriksa kadar gula darah.

Meskipun yang paling berperan adalah diabetesi itu sendiri, ternyata lingkungan sosial juga berpengaruh lho! Diketahui bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat kepatuhan diabetesi dalam menjalankan pola hidup sehat adalah dukungan sosial yang mereka dapatkan.

Adanya dukungan sosial dari keluarga dan orang terdekat akan menghasilkan tingkat kepatuhan yang lebih baik. Hal ini dikarenakan dukungan sosial yang didapatkan akan membantu mengurangi stres, meningkatkan tingkat kesadaran diri, serta mendukung perubahan gaya hidup yang kurang sehat.

Lalu apa saja bentuk dukungan sosial yang dapat kita berikan apabila kerabat kita yang memiliki diabetes?

Pelajari Lebih Detail Mengenai Penyakit Diabetes
Dilansir dari Importance of family/social support and impact on adherence to diabetic therapy, semakin banyak informasi yang kita miliki, semakin banyak hal yang dapat kita lakukan. Selain itu, kita juga dapat mengajak diabetesi untuk lebih mempelajari mengenai penyakit diabetes yang dialaminya.

Tunjukkan Rasa Simpati dan Empati agar Mereka Merasa Didukung Secara Emosional
Hal ini penting karena dukungan emosional bermanfaat mengatasi stres yang dapat berefek negatif terhadap kontrol gula darah.

Bantu Mereka Mengubah Pola Makan Jadi Lebih Sehat
Misalnya mengonsumsi makanan sehat bersama-sama dan hindari membeli dan memilih makanan dan minuman tidak sehat. Selain bermanfaat bagi diabetesi, menjalankan pola makan sehat tentunya juga akan bermanfaat untuk kita.

Ajak Berolahraga Bersama agar Terasa Lebih Menyenangkan
Selain baik buat diabetesi, olahraga juga akan bermanfaat buat kita.

Pelajari Tanda-Tanda Adanya Gangguan
Kita yang hidup bersama dengan diabetesi harus mempelajari tanda-tanda adanya gangguan, termasuk gejala hipoglikemia (kadar gula darah rendah) dan hiperglikemia (kadar gula darah tinggi).

Menjaga untuk Terlibat Secukupnya
Namun, kita juga perlu menjaga untuk terlibat secukupnya. Dilansir dari familydoctor, jangan sampai kita bertindak berlebihan (misalnya memaksa) karena hal ini justru dapat menimbulkan konflik dan berpotensi mengganggu kemampuan diabetesi dalam merawat dirinya secara mandiri.

Selain tips di atas, kondisi keluarga yang hangat, bersifat menerima, dan akrab juga penting. Kondisi keluarga hangat dan akrab dapat dibentuk dengan hal sederhana, seperti snack dan tea time bersama.

Ketika menikmati snack dan tea time bersama, makanan dan minuman yang dikonsumsi harus diperhatikan agar tetap aman untuk diabetesi, misalnya dengan produk bebas gula. Produk bebas gula dapat menjadi solusi bagi diabetesi untuk memenuhi kebutuhan akan rasa manis tanpa meningkatkan kadar gula darah.

Seperti menikmati tea time bersama Tropicana Slim Hokkaido Cheese Cookies, snack bebas gula yang enak. Yuk, kita juga berperan membantu keluarga kita tersayang untuk bisa tetap hidup manis, meski dengan diabetes.



Simak Video "Indonesia Masuk Tiga Besar Negara dengan Angka Prediabetes Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)