Rabu, 04 Nov 2020 20:10 WIB

Jika Diabetes Tak Bisa Disembuhkan, Bagaimana Mengatasinya?

Yudistira Imandiar - detikHealth
diabetes Foto: shutterstock
Jakarta -

Diabetes termasuk salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Penyakit ini terjadi akibat gangguan metabolisme yang membuat kadar gula darah tinggi hingga memunculkan dampak komplikasi yang membahayakan kesehatan.

Perlu digarisbawahi, diabetes tidak dapat disembuhkan dengan konsumsi obat-obatan, atau metode penyembuhan lainnya. Namun, penyakit ini bisa dikendalikan melalui penanganan yang tepat untuk menyeimbangkan kadar gula darah. Kadar gula darah seimbang dapat menurunkan risiko komplikasi.

Mengutip Joslin Diabetes Center, gula darah dapat dikontrol dengan menerapkan pola makan sehat, rutin berolahraga, dan mengonsumsi obat yang tepat. Adapun menurut National Diabetes Education Program: National Institutes of Health and the Centers for Disease Control and Prevention, pola makan yang baik untuk mencegah komplikasi diabetes, yakni dengan memperbanyak makanan tinggi serat seperti sayur dan buah, minum air yang cukup, membatasi asupan gula, garam, dan lemak.

Penyandang diabetes (diabetesi) dengan berat badan berlebih juga perlu menurunkan bobotnya. Caranya dengan mengatur pola makan dan rutin berolahraga. Selain untuk membantu menurunkan berat badan, berolahraga secara rutin akan meningkatkan stamina, memperbaiki kualitas tidur, menjaga suasana hati, dan yang terpenting meningkatkan sensitivitas hormon insulin yang berperan dalam pengaturan gula darah dalam tubuh.

Centers for Disease Control and Prevention menyarankan penyandang diabetes mengonsumsi obat sesuai anjuran dokter jika diperlukan. Mereka juga perlu memeriksa kondisi kesehatan dan berkonsultasi dengan dokter untuk mengantisipasi komplikasi akibat diabetes.

Intinya, diabetesi harus disiplin menjalankan pola hidup sehat untuk mengontrol gula darahnya, sehingga terhindar dari komplikasi dan dapat memperoleh kualitas hidup lebih baik. Untuk membantu diabetesi membatasi konsumsi gula sehari-hari, sediakan Tropicana Slim Diabtx, pemanis rendah kalori, bebas gula, dan mengandung kromium yang bisa membantu mengontrol kadar gula darah. Dengan begitu diabetesi pun masih bisa merasakan manis tanpa khawatir gula darah naik.



Simak Video "Peneliti Ungkap Virus Corona Bisa Picu Diabetes pada Pasien"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)