Rabu, 04 Nov 2020 22:05 WIB

Diabetesi di Rumah Aja? Jangan Lupakan 3 Hal Ini

Inkana Putri - detikHealth
Tropicana Foto: shutterstock
Jakarta -

Di tengah pandemi saat ini, diabetesi (penyandang diabetes) perlu lebih waspada untuk menjaga kesehatan. Pasalnya, diabetes disebut lebih rentan mengalami gejala dan komplikasi yang lebih parah jika terkena COVID-19.

Guna mencegah penularan COVID-19, ada baiknya diabetes membatasi aktivitas di luar rumah . Selain itu, diabetesi perlu mengontrol kadar gula darah selama di rumah. Melansir National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK), terdapat 3 hal yang bisa dilakukan diabetes dalam mengontrol gula darah.

1. Rutin Beraktivitas Fisik

Meskipun di rumah, tubuh juga harus tetap diajak beraktivitas, salah satunya dengan berolahraga. Cari panduan olahraga aerobik di rumah dengan intensitas sedang selama total 150 menit per minggu. Lalu, kombinasikan dengan latihan angkat beban minimal 2 kali per minggu. Selain olahraga, Anda bisa juga melakukan kegiatan sehari-hari seperti membersihkan rumah dan melakukan hobi yang aktif seperti berkebun.

2. Cek Kesehatan Secara Rutin

Diabetesi juga perlu memeriksa diri secara rutin, termasuk mengontrol kadar gula darah. Pastikan juga untuk memeriksa kondisi kaki untuk memastikan tidak ada luka, serta jaga hubungan sosial dengan kerabat terdekat.

Jika mengalami keluhan atau gejala tertentu, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi obat sesuai anjuran dokter, serta tetap melakukan pengecekan ke dokter minimal 2 kali setiap tahun. Hal ini sangat diperlukan guna mendapatkan pemeriksaan yang lebih detail untuk penanganan dini.

3. Menjalankan Pola Makan Sehat dan Bergizi

Pola makan sehat sangat penting bagi diabetesi. Oleh karena itu, diabetesi perlu memilih dan mengonsumsi makanan kaya nutrisi dan bervariasi, serta tinggi serat dan rendah kalori seperti buah dan sayur.

Namun, menjalankan pola makan sehat selama di rumah dapat menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya selama di rumah, rasa bosan dan stres sering sekali menghampiri, akibatnya keinginan untuk mengonsumsi makanan atau cemilan yang tidak sehat juga ikut muncul. Belum lagi diabetes biasanya memiliki keterbatasan pilihan makanan yang dapat menghambat pola makan sehat.

Agar tetap bisa menjaga pola makan sehat, Anda bisa membuat jadwal makan rutin setiap harinya, termasuk untuk makan utama dan ngemil. Dalam sepiring makanan utama, disarankan setengah bagian diisi dengan buah dan sayuran, lalu pilih sumber karbohidrat kompleks yang kaya serat, seperti nasi merah, serta sumber protein sehat yang lebih rendah lemak, yakni ikan, ayam, dan kacang-kacangan.

Selain itu, saat mengonsumsi makanan hindari melakukan aktivitas lain seperti menonton televisi. Diabetesi juga harus memperhatikan porsi makan agar asupan kalori tetap terjaga.

Tips mudah lainnya adalah dengan menambahkan topping bebas gula pada makanan atau minuman favorit Anda, supaya tetap aman untuk gula darah. Saat ini sudah ada pilihan topping yang lebih baik seperti Topping Kental Manis Tropicana Slim, yang cocok sebagai olesan roti, buah, makanan penutup, maupun camilan lainnya.



Simak Video "Kata Dokter Soal Pemanis Buatan untuk Pengidap Diabetes"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)