Jumat, 06 Nov 2020 10:25 WIB

Diundang WHO, Terawan Bakal 'Sepanggung' Sama Deretan Menkes Negara Ini

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Menkes Terawan Agus Putranto Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengundang Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto dalam konferensi pers virtual yang akan membahas soal penanganan COVID-19, khususnya terkait Intra-Action Review (IAR) COVID-19.

Dalam undangan tersebut, Menkes Terawan disebut akan berdiskusi langsung dengan petinggi WHO Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus dan menteri kesehatan dari negara lainnya.

"Para menteri kesehatan dari Indonesia, Afrika Selatan, Thailand, dan Uzbekistan akan bergabung dengan Direktur Jenderal WHO untuk berbagi pengalaman mereka dalam melakukan tinjauan aksi kesiapsiagaan dan respons COVID-19 mereka," tulis WHO dalam pernyataannya seperti yang dilihat detikcom, Jumat (6/11/2020).

Panduan WHO untuk melakukan Intra-Action Review (IAR) bertujuan untuk meningkatkan respons negara agar tidak melewatkan peluang dalam menanggapi wabah COVID-19 di wilayah mereka.

Intra-Action Review (IAR) sendiri, menurut ahli epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), Tri Yunis Miko, adalah perencanaan kegiatan Indonesia dalam menanggulangi pandemi COVID-19.

Pertemuan tersebut biasanya akan membahas apa saja yang sudah dilakukan oleh negara-negara terkait respons pandemi COVID-19.

"Jadi Indonesia membuat rencananya, lalu direview oleh WHO. Kemudian, dilihat ada yang bertentangan atau tidak dengan rencana yang dilakukan negara-negara lain," jelas Miko saat dihubungi detikcom, Kamis (5/11/2020).

Tonton video 'WHO Undang Menkes Terawan Berbagi Pengalaman Kendalikan Corona':

[Gambas:Video 20detik]



(kna/naf)
dRooftalk
×
Rentetan Bencana di Awal Tahun
Rentetan Bencana di Awal Tahun Selengkapnya