Minggu, 08 Nov 2020 17:43 WIB

Terpopuler Sepekan

WHO Beri Panggung untuk Terawan, Kemenkes Klaim Sukses Tangani COVID-19

Tim detikHealth - detikHealth
Jakarta -

Setelah sekian lama jarang muncul di depan publik, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mendadak jadi perbincangan. Organisasi kesehatan dunia WHO mengundangnya dalam konferensi pers virtual.

Sesi konferensi pers tersebut juga dihadiri Dirjen WHO Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus. Menteri kesehatan dari 3 negara lain yakni Thailand, Afrika Selatan, dan Uzbekistan, juga turut diundang untuk berbagi pelajaran.

Kabar soal undangan ini ramai diperbincangkan karena Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Oscar Primadi menilainya sebagai apresiasi atas keberhasilan Indonesia dalam menangani pandemi virus Corona.

"Tentunya ini merupakan kesempatan baik, Indonesia sudah dipandang berhasil dalam mengendalikan pandemi COVID-19 ini dan WHO secara khusus mengundang bapak Menteri Kesehatan, bersama Dirjen WHO Tedros untuk sharing dan memberikan informasi bagaimana Indonesia mampu mengendalikan pandemi ini dengan baik," katanya dalam rilis untuk media.

Sementara dalam undangannya, WHO meminta Menkes Terawan untuk membagikan pelajaran dari pelaksanaan IAR (Intra Action Review) nasional yang telah dilakukan.

IAR Bukan Ukuran Sukses


Pakar epidemiologi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Tri Yunis Miko menjelaskan bahwa IAR merupakan perencanaan kegiatan dalam menangani pandemi. Perencanaan ini nantinya akan di-review oleh WHO.

Soal klaim keberhasilan menangani COVID-19 sebagaimana disampaikan Kemenkes, Miko memberikan sejumlah catatan. Salah satunya soal testing yang masih perlu ditingkatkan, begitu juga dengan karantina.

"Kemudian pelayanan kesehatannya masih terbatas, maka kemungkinan case fatality rate (CFR) masih tinggi di Indonesia karena keterbatasan ventilator, dan rumah sakit," jelasnya.

Apa yang disampaikan Menkes Terawan dalam konferensi pers tersebut? Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2