Senin, 09 Nov 2020 18:51 WIB

Diabetesi Juga Bisa Makan Enak

Nurcholis Maarif - detikHealth
A young diabetic woman checking her blood sugar levels at home.  A suitably healthy meal is infant of her on the table. Foto: iStock
Jakarta -

Pola makan sehat bagi diabetesi, yaitu dengan mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi dalam porsi yang tepat dapat membantu mengontrol kadar gula darah, menjaga kesehatan, dan menghindari komplikasi diabetes. Meskipun makanan sehat sering dianggap "tidak enak", kalau diolah dengan dengan tepat, bisa dinikmati juga lho!

Beberapa contoh makanan sehat dan enak misalnya Beef sukiyaki, Laksa Salmon, Tim Telur Gurih, dan Kacang Hijau Custard Cup (klik masing-masing menu untuk mencoba resepnya).

Dikutip dari berbagai sumber, saat mengolah dan mengonsumsi makanan, supaya tetap sehat dan enak, tetap perhatikan beberapa hal berikut:

  • Pilih jenis makanan yang rendah kalori, rendah lemak jenuh dan trans, rendah gula, serta rendah garam.

  • Pilih minyak yang lebih rendah lemak jenuh untuk memasak seperti Tropicana Slim Extra Virgin Olive Oil.

  • Perbanyak konsumsi serat dari bijian utuh, buah dan sayur.

  • Hindari minuman manis yang tinggi gula, sebaiknya memilih air putih atau menggunakan pemanis rendah kalori. Kalau rutin minum susu, pilih yang bebas gula dan rendah lemak.

  • Makan secara teratur dan jangan melewatkan waktu makan. Jika diperlukan, susun pola makan yang tepat dengan bantuan dokter dan ahli nutrisi.

  • Untuk menghindari makan berlebih, sebaiknya makan secara perlahan dan tidak sambil menonton televisi atau aktivitas lain.

  • Gunakan piring yang lebih kecil agar makanan terlihat lebih banyak sehingga porsi makan berkurang. Atur juga porsi makan dengan bantuan ilustrasi piring makan : ½ piring diisi dengan buah dan sayur, ¼ piring diisi dengan sumber protein rendah lemak, dan ¼ piring diisi dengan sumber karbohidrat kompleks (bijian utuh).

Makanan sehatFoto: Istimewa

Dengan pengolahan yang tepat dan tetap memperhatikan beberapa tips diatas, diabetesi tetap bisa makan sehat dan enak. Selamat mencoba!



Simak Video "Indonesia Masuk Tiga Besar Negara dengan Angka Prediabetes Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)