Kamis, 05 Nov 2020 18:35 WIB

Ingin Tahu Risiko Prediabetes Anda? Coba Ikuti Tes Ini

Faidah Umu Sofuroh - detikHealth
diabetes Foto: shutterstock
Jakarta -

Sudah pernah dengar kondisi Prediabetes? Prediabetes adalah kondisi di mana kadar gula di atas batas normal, namun belum cukup tinggi untuk dikategorikan diabetes. Walaupun disebut prediabetes, kondisi ini bukanlah tanpa bahaya kesehatan.

Tanpa perubahan pola hidup sehat dan penanganan yang tepat, prediabetes dapat berkembang menjadi diabetes di kemudian hari, yang dapat berkaitan dengan berbagai macam komplikasi kesehatan.

Sayangnya, data Riset Kesehatan Dasar Indonesia tahun 2018 menunjukkan tingginya kasus prediabetes di Indonesia, bahkan pada kelompok usia yang lebih muda. Kondisi prediabetes sendiri biasanya dikaitkan dengan gangguan toleransi glukosa dan gangguan kadar gula darah puasa.

Data Riset Kesehatan Dasar Indonesia tahun 2018 pada kelompok usia 25-44 tahun menunjukkan bahwa 1 dari 8 orang ternyata menderita gangguan kadar gula darah puasa. Angka yang lebih tinggi teramati untuk jumlah kejadian gangguan toleransi glukosa dimana 1 dari 5 orang berusia 25-44 tahun sudah mengalami gangguan toleransi glukosa.

Yang sangat berbahaya, prediabetes bisa timbul tanpa gejala sehingga sulit terdeteksi sejak dini. Banyak yang tidak menyadari kalau dirinya terkena prediabetes hingga mulai muncul berbagai masalah kesehatan.

Untuk itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter dan memeriksakan diri sedini mungkin jika memiliki faktor-faktor risiko prediabetes seperti berat badan berlebih, berusia 45 tahun ke atas, memiliki riwayat keturunan diabetes, tidak aktif secara fisik, atau pernah mengalami diabetes gestasional di masa kehamilan1.

Ingin tahu risiko prediabetes Anda? Coba ikuti tes berikut https://www.tropicanaslim.com/how-risky-are-you/bmi-calculator/.

Bagaimana hasil risiko prediabetes Anda? Setelah mengetahui risiko prediabetes, sangatlah penting untuk menjalankan pola hidup sehat guna mencegah peningkatan risiko menuju diabetes.

Centers for Disease Control and Prevention menyatakan bahwa pencegahan diabetes dapat dilakukan dengan pola hidup sehat seperti menjaga berat badan dalam batas normal, pola makan sehat, serta aktif bergerak dan berolahraga minimal 150 menit/minggu.

Kalau Anda hobi ngemil, ada baiknya mulai memilih snack yang bebas gula tapi tetap nikmat, seperti Tropicana Slim Nutty Chocolate Cookies yang juga rendah kalori, hanya 100 kalori per sachet. Yuk, cegah diabetes dari sekarang!

(ega/ega)