Senin, 09 Nov 2020 20:21 WIB

Tentang Obat Diabetes yang Harus Kamu Tahu

Nurcholis Maarif - detikHealth
diabetes Foto: shutterstock
Jakarta -

Meskipun seorang diabetesi sudah mengonsumsi obat, bukan berarti diabetesi boleh lalai dalam menjaga pola makan. Pola makan sehat serta rutin berolahraga sangat penting untuk memastikan obat-obatan yang dikonsumsi dapat bekerja dengan baik dalam mengontrol gula darah.

Tidak bisa dipungkiri, sebagian diabetesi dengan diabetes tipe 2 membutuhkan obat untuk mengontrol kondisi diabetes yang sudah terlampau parah. Umumnya, obat akan diberikan apabila pengaturan pola makan tidak cukup untuk mengontrol kadar gula darahnya.

Dilansir dari healthhub, pemberian obat sebenarnya bertujuan untuk membantu menjaga kadar gula darah pada batas normal, guna mencegah risiko komplikasi kesehatan. Pemberian jenis, dosis, dan aturan waktu konsumsi obat pun harus diresepkan oleh dokter agar sesuai dengan kondisi diabetesi.

Bagaimanapun juga, pola makan harus tetap dijaga untuk mendukung efektivitas obat yang dikonsumsi. Sebaliknya, pola makan yang tidak sehat dapat membuat kerja obat terganggu.

Tidak hanya menjaga pola makan, diabetesi juga perlu untuk rutin berolahraga dan menjaga berat badan guna mendukung fungsi obat yang dikonsumsi. Pola makan sehat yang dikombinasikan dengan olahraga rutin terbukti dapat menurunkan jumlah obat yang diperlukan untuk mengontrol gula darah pada diabetesi.

Coba lakukan hal-hal berikut untuk bantu diabetesi hidup sehat dan kontrol kondisinya:

  • Ganti gula dengan pemanis rendah kalori untuk diabetesi. Misalnya, Tropicana Slim Sweetener Diabtx, pemanis rendah kalori dengan kromium yang cocok untuk membantu diabetesi mengontrol kadar gula darahnya.
  • Konsumsi makanan yang bervariasi setiap hari dengan jadwal yang teratur dan jangan melewatkan waktu makan.
  • Batasi asupan gula, garam, dan lemak. Perbanyak buah dan sayur, pilih sumber protein rendah lemak, serta batasi produk makanan olahan dan perbanyak produk makanan segar.
  • Perhatikan porsi makan: isi ½ bagian piring dengan sayuran, ¼ bagian piring dengan sumber protein rendah lemak, dan ¼ bagian piring dengan sumber karbohidrat kompleks.
  • Pilih menu yang dikukus, dipanggang, atau ditumis. Batasi menu yang digoreng.
  • Makan lebih perlahan dan hindari makan sembari melakukan kegiatan lain.
  • Pastikan untuk berolahraga minimal 150 menit per minggu dan kurangi waktu duduk. Pilih jenis olahraga yang Anda sukai agar dapat dilakukan rutin misalnya berjalan cepat, bersepeda, atau senam.

Jadi, obat saja tidak cukup. Imbangi dengan pola makan dan olahraga rutin untuk hidup yang tetap manis walau diabetes!



Simak Video "Indonesia Masuk Tiga Besar Negara dengan Angka Prediabetes Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)