Kamis, 12 Nov 2020 17:52 WIB

Satgas COVID-19 Jawab Kemungkinan Indonesia Pakai Vaksin COVID-19 Pfizer

Firdaus Anwar - detikHealth
Amerika Serikat Akan Distribusikan Vaksin COVID-19 Buatan Pfizer Bulan Desember Ilustrasi sutik vaksin. (Foto ilustrasi: ABC Australia)
Jakarta -

Vaksin COVID-19 buatan BioNTech-Pfizer dilaporkan 90 persen efektif memberikan efek perlindungan. Hal ini diketahui dari hasil analisa awal uji klinis tingkat tiga.

Kabar keberhasilan vaksin COVID-19 ini mengundang berbagai reaksi di dunia internasional. Ada optimisme bahwa vaksin dapat segera membantu kehidupan kembali seperti sedia kala sehingga beberapa negara dilaporkan sudah mulai meneken kontrak pembelian.

Bagaimana di Indonesia?

Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, menjelaskan tidak menutup kemungkinan vaksin BioNTech-Pfizer juga digunakan di Indonesia.

"Pada prinsipnya pemerintah Indonesia terbuka terhadap kandidat vaksin yang cocok dan efektif. Namun tetap harus mempertimbangkan berbagai aspek pendukung kandidat vaksin tersebut," kata Wiku dalam konferensi pers yang disiarkan BNPB pada Kamis (12/11/2020).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pernah mengaku masuknya vaksin Corona Pfizer ke Indonesia masih menjadi pertimbangan. Sebab, masih banyaknya pembahasan soal pengadaan vaksin.

"Ini disiapkan untuk menjadi bagian berikutnya (dari pengadaan vaksin di dalam negeri), karena masih banyak yang dibahas terkait pengadaan vaksin... Indonesia tentunya dari berbagai vaksin itu dipertimbangkan, tapi kami belum memasukkan Pfizer sebagai salah satu (pada saat ini)," ungkap Airlangga beberapa hari lalu.



Simak Video "Bos BioNTech Yakin Vaksin Pfizer Bisa Akhiri Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)
dRooftalk
×
Rentetan Bencana di Awal Tahun
Rentetan Bencana di Awal Tahun Selengkapnya