Sabtu, 14 Nov 2020 07:00 WIB

Diklaim 90 Persen Efektif, Vaksin COVID-19 Pfizer Bakal Ada di Negara Ini

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Female doctor holding a syringe Vaksin COVID-19 (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Kabar baik datang dari vaksin Corona Pfizer yang menunjukkan efektivitas lebih dari 90 persen mencegah symptomatic COVID-19. Artinya, seseorang yang disuntik vaksin ini tetap bisa terinfeksi, namun tidak mengalami gejala.

Beberapa negara lantas berupaya untuk memastikan ketersediaan vaksin Corona pfizer di negaranya. Seperti salah satunya Israel, rencananya akan menandatangani kesepakatan sementara jutaan dosis vaksin Corona Pfizer untuk Januari tahun depan.

Dikutip dari Reuters, berikut rangkuman negara-negara yang berencana menerima vaksin Corona Pfizer.

1. Israel

Israel akan menandatangani kesepakatan sementara dengan Pfizer Inc pada hari Jumat. Kesepekatan tersebut terkait rencana 8 juta dosis vaksin Corona Pfizer mulai Januari tahun depan.

"Kesepakatan itu, yang implementasinya akan tunduk pada persetujuan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) dan Kementerian Kesehatan Israel, akan menyediakan vaksin untuk hampir setengah dari populasi Israel," kata Menteri Kesehatan Yuli Edelstein.

"Pasokan akan dimulai pada Januari 2021, dengan sisanya tiba sepanjang 2021," katanya dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis, menambahkan bahwa pesanan untuk 8 juta dosis, cukup untuk 4 juta orang.

2. Brasil

Ada sebanyak 3.100 relawan di Brasil yang mengikuti uji klinis tahap akhir vaksin Corona Pfizer. Kepala Pfizer Inc di Brasil mengatakan pada Kamis, tengah mempercepat ketersediaan vaksin Corona Pfizer di Brasil.

"Kami bekerja keras dengan pemerintah Brasil untuk mencoba mempercepat ketersediaan (vaksin) di Brasil secepat mungkin," kata Carlos Murillo dalam acara online.

Vaksin Corona Pfizer sejauh ini diyakini WHO sebagai vaksin yang paling menjanjikan. Namun, vaksin tersebut perlu disimpan pada suhu minus 70 derajat Celcius, hal ini menjadi tantangan bagi negara berkembang terkait distribusi vaksin Corona Pfizer.

Murillo mengatakan Pfizer telah mengembangkan cara untuk menjaga vaksin dalam kondisi baik hanya dengan menggunakan es kering.



Simak Video "Pondasi Utama Pecegahan Corona Sebelum Vaksin"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)
dRooftalk
×
Rentetan Bencana di Awal Tahun
Rentetan Bencana di Awal Tahun Selengkapnya