Senin, 16 Nov 2020 12:24 WIB

COVID-19 Meningkat Lagi, Ruang ICU RS di DKI Jakarta Terisi 68 Persen

Firdaus Anwar - detikHealth
Treatment of a patient in critical condition in the ICU ward Ruang ICU di DKI Jakarta terisi 68 persen. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Kasus harian COVID-19 di Indonesia kembali meningkat. Ketua Satgas Penanganan COVID-19, Doni Monardo, menjelaskan kemungkinan ini dampak dari libur jangka panjang akhir bulan Oktober lalu.

Dalam laporan kondisi pada hari Sabtu (14/11/2020), tempat tidur di ruang ICU dan isolasi beberapa rumah sakit disebut kembali penuh oleh pasien. Di DKI Jakarta misalnya, Satgas COVID-19 mencatat tingkat keterisian ICU RS rujukan yang tadinya berada di tingkat 58 persen pada 1 November, kini menjadi 68 persen.

Sementara itu keterisian ruang isolasi di RSD Wisma Atlet yang tadinya berada di tingkat 32,68 persen pada periode yang sama kini meningkat jadi 50,76 persen.

"Oleh karenanya bapak ibu sekalian, kita semua harus betul-betul bisa bekerja sama. Kita semua harus betul-betul bisa saling bahu-membahu, saling membantu, dalam menerapkan protokol kesehatan," kata Doni dalam konferensi pers yang disiarkan BNPB dan ditulis Senin (16/11/2020).

"Satgas berharap seluruh komponen masyarakat didukung oleh para relawan, TNI, dan Polri bisa melakukan berbagai langkah dan upaya. Melalui imbauan, melalui berbagai macam kegiatan yang dapat meningkatkan kesadaran kolektif agar upaya-upaya patuh terhadap protokol kesehatan betul-betul bisa dilaksanakan," pungkasnya.



Simak Video "Epidemiolog UI: Corona Lebih Penting Ketimbang Terlibat Pilkada"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)