Rabu, 18 Nov 2020 05:00 WIB

10 Obat Flu dan Batuk Alami Tradisional dengan Bahan Rumahan

Lusiana Mustinda - detikHealth
Tercatat dalam Al Quran, Jahe Jadi Campuran Minuman di Surga Foto: Getty Images/iStockphoto/julichka
Jakarta -

Obat flu dan batuk alami secara tradisional berasal dari bahan rumahan. Saat sakit tubuh juga akan terasa nyeri, demam, menggigil dan hidung mampet.

Ada banyak pengobatan rumahan yang dapat meringankan gejala flu dan juga batuk. Batuk dan flu menjadi salah satu penyakit yang mudah menyerang siapa saja terutama saat sistem kekebalan tubuh sedang lemah.

Saat mengalami gejala awal batuk dan flu, ada baiknya Anda meringankan gejala dengan bantuan bahan-bahan alami. Hal ini dapat membuat tenggorokan semakin nyaman dan juga meredakan hidung yang mampet.

Berikut ini obat flu dan batuk alami tradisional dengan bahan rumahan:

1. Sup ayam

Sup ayam menjadi pilihan makanan yang tepat saat memiliki gejala flu dan batuk. Penelitian menunjukkan bahwa menikmati semangkuk sup ayam dengan sayuran yang diolah dari awal atau dihangatkan dari kaleng, dapat memperlambat pergerakan neutrofil dalam tubuh Anda.

Neutrofil adalah jenis sel darah putih yang umum. Mereka membantu melindungi tubuh dari infeksi. Saat mereka bergerak perlahan, mereka tetap lebih terkonsentrasi di area tubuh Anda yang paling membutuhkan penyembuhan.

Studi tersebut menemukan bahwa sup ayam ternyata efektif untuk mengurangi gejala infeksi saluran pernapasan, khususnya di bagian atas. Sup rendah natrium juga memiliki nilai gizi yang tinggi dan membantu Anda tetap terhidrasi.

2. Jahe

Dikutip dalam Health Line, beberapa irisan jahe mentah dalam air mendidih dapat membantu meredakan batuk atau sakit tenggorokan. Penelitian menunjukkan bahwa hal itu juga bisa menangkal perasaan mual yang sering menyertai flu.

3. Madu

Obat flu dan batuk alami tradisional dengan bahan rumahan salah satunya adalah dengan madu. Madu memiliki beragam sifat antibakteri dan antimikroba. Konsumsi madu dengan teh plus tambahan lemon dapat meredakan sakit tenggorokan.

Penelitian menunjukkan bahwa madu juga merupakan penekan batuk yang efektif. Dalam sebuah penelitian, peneliti menemukan bahwa memberi anak-anak 10 gram madu sebelum tidur dapat mengurangi keparahan gejala batuk. Anak-anak dilaporkan tidur lebih nyenyak dengan mengonsumsi madu dan juga membantu mengurangi gejala pilek.

Akan tetapi Anda tidak boleh memberikan madu kepada anak di bawah 1 tahun, karena sering kali mengandung spora botulinum.

4. Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang memiliki sifat antimikroba sehingga bisa dijadikan sebagai obat batuk dan flu. Menambahkan suplemen bawang putih ke dalam makanan dapat mengurangi keparahan gejala flu.

Selain suplemen, bawang putih segar yang dicampurkan ke dalam sup atau makanan juga bisa membantu gejala flu.

5. Vitamin C

Vitamin C berperan penting dalam tubuh dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bersama dengan jeruk nipis, lemon hingga jenis jeruk lainnya, semuanya mengandung vitamin C.

Menambahkan jus lemon segar ke dalam teh dan madu dapat mengurangi dahak pada saat batuk.Meskipun minuman ini mungkin tidak menghilangkan flu sepenuhnya, mereka dapat membantu Anda mendapatkan vitamin C yang dapat meredakan infeksi saluran pernapasan bagian atas dan penyakit lainnya.

6. Makanan mengandung probiotik

Probiotik adalah bakteri yang "ramah" dan ditemukan dalam tubuh. Mereka dapat membantu menjaga kesehatan usus dan sistem kekebalan Anda dan penelitian menunjukkan bahwa probiotik dapat mengurangi kemungkinan Anda jatuh sakit karena infeksi saluran pernapasan bagian atas.

Untuk sumber bakteri bermanfaat yang memiliki rasa enak. Selain memiliki manfaat potensial untuk sistem kekebalan tubuh, yogurt juga bisa jadi camilan sehat yang menyediakan banyak protein dan kalsium.

7. Air garam

Air garam bisa jadi obat flu dan batuk alami tradisional. Membilas air garam dapat membantu meredakan hidung tersumbat sekaligus menghilangkan partikel virus dan bakteri dari hidung.

Caranya adalah dengan mencampurkan 1/4 sdt garam dan 1/4 sdt soda kue dalam 250 ml air hangat. Gunakan spuit atau alat nasal irigation untuk menyemprotkan air ke dalam hidung. Tutup satu lubang hidung dengan memberikan tekanan jari ringan sambil menyemprotkan campuran garam ke lubang hidung lainnya.

8. Kencur

Dalam buku berjudul 'Buku Jus Herbal (2007) oleh Ning Harmanto, kencur disebut mengandung senyawa borneol, methyl-pcumaric acid, cinnamicacid ethtyl - ester pentadecane, cinnamic aldehyde, camphene dan lain-lain.

Sehingga kencur dapat menghangatkan, menghilangkan rasa sakit, memudahkan pengeluaran air dari tubuh dan membantu mengencerkan dahak.

9. Nanas

Nanas mengandung enzim bromelain yang memiliki khasiat untuk antiperadangan serta memecah lendir dan mengeluarkannya dari tubuh. Nanas bisa dikonsumsi langsung setelah dikupas dan dicuci bersih.

Akan tetapi nanas tidak dianjurkan untuk mereka yang sedang mengonsumsi obat pengencer darah dan antibiotik tertentu.

10. Minum air putih

Kunci untuk meringankan batuk dan flu adalah dengan mengonsumsi air putih dan buah-buahan yang mengandung tinggi air agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Ini dapat menjadi obat flu dan batuk alami tradisional di rumah.



Simak Video "Bahaya 'Efedrin' yang Kini Marak Ditemukan di Obat Tradisional Ilegal"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)