Selasa, 17 Nov 2020 21:02 WIB

Hadapi Lonjakan Kasus COVID-19, Jateng Tambah 520 Kamar Isolasi

Angling Adhitya Purbaya - detikHealth
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (Foto: Angling/detikHealth)
Semarang -

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan menambah 520 kamar isolasi untuk menangani pasien COVID-19. Selain itu ruang ICU juga akan ditambah 104 kamar.

Hal itu diungkapkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo usai rapat penanganan COVID-19 di kantornya. Ia menjelaskan per rumah sakit yang ditunjuk akan ditambah 10 ruang isolasi. Sedangkan untuk ICU masing-masing ditambah 2 ruangan.

"Kalau tempat tidur tambah 10 per rumah sakit dikali rumah sakit yang ditunjuk jadi ada tambahan 520. ICU-nya 2. Dua itu kurang lebih nanti ada sekitar 104," kata Ganjar di kantornya, Selasa (17/11/2020).

Ganjar mengakui memang sempat ada kabar mengejutkan soal data lonjakan kasus Corona di Jateng. Tercatat di minggu ke-44 ada tambahan 2.319 kasus, minggu ke-45 naik 3.903 kasus dan minggu ke-46 sekitar 3.646 kasus.

"Kemarin kita tinggi sekali ya, di koran serem. Kita cek ada data delay yang lumayan. Data delay lumayan, jadi kalau data delay dimasukin jadi satu ada peningkatan tinggi. Berikutnya, hasil tesnya kita makin bagus maka ya kemungkinan besar penambahan akan makin kelihatan," jelas Ganjar.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Yulianto Prabowo mengatakan penambahan ruang isolasi tersebut akan beserta dengan peralatannya.

"Dari pertemuan dengan direktur rumah sakit milik pemerintah daerah ada 52 itu sepakat ada penambahan. Itu juga dengan alatnya seperti ventilator dan lainnya," kata Yulianto.



Simak Video "Dear Warga Indonesia, Yuk Lakukan 3W Agar Terhindar Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(alg/up)