Selasa, 17 Nov 2020 05:41 WIB

Nikita Mirzani Tantang Habib Rizieq Tes DNA, Ini Fakta-fakta Pentingnya

Tim detikHealth - detikHealth
Nikita Mirzani saat ditemui di Polres Jakarta Selatan. Nikita Mirzani menantang Habib Rizieq untuk tes DNA (Foto: Palevi S/detikFoto)
Jakarta -

Artis sensasional Nikita Mirzani terlibat saling sindir dengan Habib Rizieq. Dalam satu unggahan di media sosial, Nikita menantang Habib Rizieq tes DNA untuk membuktikan garis keturunan.

Tes DNA (Deoxyribo Nucleic Acid) umum dilakukan untuk menelusur garis keturunan. Identifikasi korban kecelakaan yang sulit dikenali dari ciri fisik juga kerap dilakukan dengan tes DNA.

Ada beberapa fakta yang perlu diketahui tentang tes DNA. Beberapa di antaranya terangkum sebagai berikut.

1. Bisa pakai sampel apa saja

Hampir semua bagian tubuh manusia mengandung material genetik yang bisa diperiksa dengan tes DNA. Pada identifikasi jenazah korban kebakaran yang kondisinya hangus, tes DNA masih bisa dilakukan dengan sampel tulang atau gigi yang biasanya masih tersisa.

Selengkapnya tentang sampel tes DNA bisa disimak DI SINI.

2. Prosedur

Secara umum tes DNA diawali dengan pengambilan sampel, lalu diikuti dengan ekstraksi. Hasil ekstraksi ini lalu dipisahkan dengan metode elektroforesis lalu diamplifikasi agar bisa dianalisis.

Lebih detail tentang prosedur tersebut bisa disimak DI SINI.

3. Kegunaan

Bukan cuma untuk menelusur garis keturunan, tes DNA juga dilakukan untuk berbagai keperluan lain. Di dunia kecantikan, tes ini digunakan untuk mengidentifikasi jenis kulit. Sedangkan untuk diet, tes ini bisa membantu mempelajari sistem metabolisme seseorang.

Baca juga kegunaan tes DNA lainnya DI SINI.



Simak Video "Top 5: Istri Mendiang Chrisye Meninggal, Nikita Mirzani Tahanan Kota"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)