Selasa, 17 Nov 2020 21:20 WIB

Waduh! Norovirus Kembali Serang Warga China, 30 Anak Terinfeksi

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Doctor showing Norovirus vaccine. Norovirus menyerang China (Foto: Getty Images/iStockphoto/solidcolours)
Jakarta -

Infeksi norovirus lagi-lagi menyerang masyarakat di China. Kali ini dilaporkan 30 siswa di Sekolah Menengah Fuzhou 40 di Provinsi Fujian dinyatakan terinfeksi norovirus.

Seorang warga Fuzhou mengatakan pada media lokal Strait News bahwa sejumlah siswa di sekolah tersebut telah menderita diare sejak Selasa pekan lalu. Pihak sekolah kemudian menyebut diare tersebut disebabkan infeksi norovirus.

"Semua siswa di sini makan dari sekolah jadi kami menduga ada yang salah dari makanan kantin sekolah. Sekolah akhirnya meliburkan kelas selama dua hari," kata seorang warga bernama Chen.

Zhang, selaku kepala sekolah, membenarkan telah terjadi wabah norovirus yang terkonsentrasi di sekolah tersebut.

Ia membantah wabah norovirus terjadi akibat sanitasi yang buruk di sekolah. Zhang meyakini infeksi norovirus adalah masalah epidemiologis dan tidak ada hubungannya dengan makanan siswa-siswi yang disediakan oleh katering sekolah.

"Sampai Kamis siang, semua sudah sembuh, kecuali satu siswa yang masih sakit ringan," kata Zhang.

Ini bukan kali pertama China kembali diserang wabah norovirus. Pada 29 Oktober lalu, sejumlah pelajar taman kanak-kanak di Provinsi Liaoning, timur laut China, terinfeksi norovirus. Hal itu menyebabkan taman kanak-kanak tersebut ditutup sementara.

Sebelumnya di bulan yang sama, wabah norovirus juga menyerang sebuah universitas di Provinsi Shanxi, utara China.

Norovirus adalah penyakit yang sangat menular dan menginfeksi sekitar 685 juta orang di seluruh dunia tiap tahunnya. Pengidap norovirus biasanya mengalami gejala gastrointestinal seperti mual, muntah, sakit perut dan diare dalam waktu 24 jam setelah makan.



Simak Video "Norovirus Juga Ada di Indonesia, Begini Cara Cegah Penularannya"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)