Selasa, 17 Nov 2020 12:27 WIB

Vaksin COVID-19 Gratis di Indonesia Bakal Tersedia untuk 32 Juta Orang

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto hadiri rapat kerja perdana bersama Komisi IX DPR. Rapat kerja tersebut membahas mengenai kenaikan iuran BPJS Kesehatan. Menkes RI Terawan Agus Putranto (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta -

Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto menyampaikan update seputar pelaksanaan vaksinasi virus Corona di Indonesia. Dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Menkes Terawan menyampaikan ada 107 juta orang yang akan mendapat vaksin COVID-19.

Dalam pemenuhannya, ada 2 skema pemberian vaksin yakni vaksin program pemerintah dan vaksin mandiri. Untuk vaksin program, sasaran penerima sekitar 32 juta orang dengan 73 dosis vaksin.

"Vaksin program sasarannya 32.158.276 orang," kata Menkes Terawan.

Untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi COVID-19 program pemerintah, jenis vaksin COVID-19 yang diberikan adalah vaksin yang dikembangkan oleh Sinovac sebanyak 58 juta dosis dan vaksin Cova/Gavi sebanyak 16 juta dosis.

Kelompok penerima vaksin ini adalah tenaga kesehatan, pelayan publik termasuk TNI/Polri, dan peserta BPJS Kesehatan PBI. Mereka yang berada dalam kelompok ini tidak dibebankan biaya vaksinasi.

Selain itu untuk program vaksinasi mandiri yang kelompok penerimanya adalah masyarakat dan pelaku ekonomi, jumlah orang yang nantinya akan disuntik vaksin berada di angka 75 juta orang.

Ada 3 jenis vaksin COVID-19 yang diberikan untuk kelompok mandiri yakni 85 juta dosis vaksin Sinovac, 30 juta dosis vaksin Novavax, dan 57,6 dosis vaksin Merah Putih.



Simak Video "WHO Tak Rekomendasikan Paspor Vaksin Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)