Rabu, 18 Nov 2020 17:43 WIB

Tak Usah Khawatir, 5 Hal Ini Normal Terjadi pada Bumil Usai Melahirkan

Thalitha Yuristiana - detikHealth
Team of doctors and nurses wear masks and gloves and prepare for surgery. 5 kondisi yang tak perlu dikhawatirkan pasca melahirkan. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Rasa khawatir yang muncul pada ibu hamil usai melahirkan sangat wajar. Namun, beberapa kondisi pasca melahirkan sebenarnya tak perlu dikhawatirkan karena normal terjadi.

Kondisi tersebut termasuk pendarahan, kram, hingga sembelit. Dikutip dari HaiBunda, berikut hal normal yang mungkin dialami para ibu usai melahirkan.

1. Pendarahan

Umumnya ibu akan mengalami pendarahan dan keputihan pada vagina usai melahirkan. Pendarahan ini disebut dengan lokia. Lokia adalah kombinasi lendir, jarigan dan darah yang dikeluarkan dari rahim. Kondisi ini menyebabkan bau yang tak sedap pada vagina.

Pada umumnya lokia berhenti pada empat atau enam minggu setelah melahirkan.

"Dalam kondisi ini jangan gunakan tampon tapi pembalut. Tidak boleh ada yang masuk ke vagina selama enam minggu setelah melahirkan," ujar Katie Propst, subspesialis kesehatan wanita di Cleveland Clinic.

Jika gumpalan darah tetap keluar, maka Ibu sebaiknya menemui dokter karena kehilangan terlalu banyak darah akan menyebabkan kelelahan dan dapat mengancam jiwa.

2. Kram

Pada saat kehamilan, rahim ibu cenderung akan membesar. Kram di perut biasanya terjadi akibat rahim yang berusaha kembali ke ukuran normal.

Pada saat persalinan, otot rahim menjadi kencang ketika mengeluarkan si buah hari dari rahim. Kram juga menjadi tanda bahwa rahim tengah menghentikan pendarahan dari tempat plasenta menempel. Kondisi ini terjadi selama enam minggu.

"Kondisi ini akan mereda dalam lima menit. Jika kondisi semakin memburuk, coba kompres hangat perut atau berendam di air hangat. Namun jika rasa sakit senantiasa muncul, maka temui dokter obgyn," kata Propst

Simak lebih lengkapnya pada halaman selanjutnya.



Simak Video "Kemenkes Ungkap Kemungkinan Ibu Hamil Dapat Vaksin Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)