Jumat, 13 Nov 2020 06:35 WIB

Sering Mulas dan Kram Perut Saat Hamil Muda? Begini Mengatasinya

Thalitha Yuristiana - detikHealth
Couple sitting on sofa and relaxing while father touches stomach. Hamil muda (Foto: iStock)
Jakarta -

Perubahan tubuh yang ekstrem adalah hal yang kerap dialami oleh ibu hamil ketika trimester pertama kehamilan. Kram perut dan mulas salah satu perubahan tersebut. Dikutip dari Haibunda, sakit yang diakibatkan oleh kram perut dan mular mirip seperti yang dirasakan wanita ketika haid.

Dokter kandungan dari Mayapada Hospital, dr Karno Suprapto, SpOG, menjelaskan bahwa seseorang yang mengalami perut kram dan mulas menggambarkan adanya kontraksi dari rahim. Rasa sakit ini berbeda dengan dengan kontraksi kehamilan yang rasa sakitnya berkali-kali lipat. Namun hal ini tak menjadi alasan bahwa kram perut dan mulas disepelekan.

"Intensitas berbeda, kalau mau melahirkan katanya sepuluh kali rasa sakitnya dari kram perut karena haid. Kalau ibu hamil muda hanya menangis saat kram perut, tapi kalau mau melahirkan mungkin menjerit," jelas dr Karno.

Perut kram yang terjadi di usia kehamilan 8 sampai 12 minggu harus diwaspadai karena kondisi kandungan yang masih lemah. Jika rasa sakit akibat perut kram dan mulas tetap terjadi semakin sering mulai dari 8 sampai 12 minggu, maka risiko terjadi keguguran semakin tinggi. Untuk itu penting untuk mengetahui penyebab dan cara penanganan kram perut dan mulas pada trimester pertama kehamilan.

Berikut ini faktor yang menyebabkan kram perut dan mulas pada ibu hamil di trimester kehamilan.

1. Hormon

Kram perut dan mulas muncul pada ibu yang hamil muda diakibatkan oleh kurangnya hormon progesteron. Tak hanya itu, kekurangan hormon progesteron juga menyebabkan keguguran. Saat kehamilan, hormon progesteron berfungsi menenangkan rahim.

2. Diare

Penyebab lain munculnya kram perut dan mulas juga dapat disebabkan oleh diare. Rasa sakitnya cenderung mudah hilang ketika buang air besar.

3. Stres

Pada trimester pertama, ibu hamil rentan terkena stres. Stres ini bisa menyebabkan banyak hal, termasuk perut kram dan mulas pada ibu hamil muda. Jika stres tidak ditangani dengan baik, hal tersebut bisa berakibat fatal hingga keguguran.

4. Orgasme

Orgasme juga dapat menjadi penyebab munculnya kram perut dan mulas. Hal ini dikarenakan pada saat wanita mencapai orgasme, ia akan mengalami kejang rahim dan membuat kram perut. Selain orgasme, berhubungan intim selama hamil juga bisa bikin perut kram. Untuk itu, ahli menyarankan untuk mengurangi intensitas berhubungan intim.

5. Infeksi saluran kemih

Beberapa jenis perut kram yang dirasakan ibu hamil juga dapat disebabkan oleh infeksi saluran kemih. Hal ini menurut dr Karno berbeda dengan kram seperti haid. Jika perut ditekan, maka akan timbul rasa sakit. Berbeda dengan kram seperti haid. Selain perut kram, gejala umum infeksi saluran kemih biasanya sakit saat buang air kecil.

Untuk mengatasinya, ibu hamil harus beristirahat dengan cukup, mengonsumsi obat penguat sesuai resep dokter, meminum air hangat, air jahe, atau teh hangat, dan mengompres perut yang kram dengan handuk atau botol berisi air hangat. Jika kram perut tak kunjung hilang, segera ke dokter untuk dilakukan USK.

"Namun, jika diberi obat masih sakit, biasanya harus diperiksa. Mungkin akan dilakukan pemeriksaan USG supaya tahu kehamilannya dalam rahim atau luar rahim," tambah dr Karno.

Bagaimana cara mengatasinya? Klik DI SINI



Simak Video "Teman Bumil Rilis Buku soal Kehamilan dan Parenting Tanpa Galau"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)