Kamis, 12 Nov 2020 05:28 WIB

10 Isyarat yang Diyakini Kerap Dialami Seseorang Menjelang Kematian

Farah Nabila - detikHealth
Girl looks at her smartphone Berbagai pertanda seseorang mendekati akhir hidupnya (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Kematian bisa datang kapan saja dan di mana saja. Tidak mudah bagi siapapun mendampingi orang yang dicintai sedang menghadapi akhir hayatnya.

Terkadang muncul firasat dari teman, keluarga atau orang-orang terdekat tentang kematian seseorang. Ada beberapa tanda kematian yang dapat diketahui untuk membantu kita lebih siap melihat orang yang tersayang akan menghadapi kematian.

Dikutip dari Health Line, berikut tanda-tanda kematian pada seseorang dan cara menghadapinya.

1. Tidur lebih sering

Beberapa bulan sebelum akhir kehidupan, seseorang yang sekarat mungkin mulai tidur lebih sering dari biasanya. Saat mendekati kematian, metabolisme tubuh akan menurun. Tanpa pasokan energi alami yang stabil, kelelahan akan sering terjadi.

Cara membantu:

Biarkan tidur dan bantu mereka menemukan tempat yang nyaman untuk beristirahat. Dorong mereka untuk bangun dari tempat tidur agar tidak menimbulkan luka.

2. Makan dan minum sedikit

Kebutuhan energi akan berkurang seiring bertambahnya usia. Hal ini disebabkan karena tubuh tidak membutuhkan banyak energi untuk menjalankan tugas sehari-hari, makanan dan minuman terasa kurang diperlukan. Seseorang yang dekat dengan kematian mungkin tidak tertarik dengan beberapa makanan favorit mereka. Beberapa hari sebelum kematian, seseorang yang Anda cintai mungkin berhenti makan atau minum sama sekali.

Cara membantu:

Biarkan mereka makan saat sudah lapar. Hidrasi itu penting, jadi tawarkan mereka untuk minum. Rendam waslap dengan air dingin dan gunakan untuk menepuk bibir mereka. Saat mereka berhenti minum sama sekali, jaga agar kulit halus di sekitar bibir mereka tetap lembap dengan lip balm.

3. Mengasingkan diri

Tidak jarang seseorang yang sekarat perlahan-lahan menarik diri dari aktivitas dan orang yang mereka cintai. Hal ini adalah cerminan alami dari perubahan energi, serta keinginan untuk melindungi hari dan jam terakhir mereka.

Cara membantu:

Mengasingkan diri bukan berarti seseorang tidak menikmati kebersamaan dengan orang yang mereka cintai. Izinkan teman dan keluarga berkunjung saat dirinya merasa nyaman. Beberapa orang tidak ingin membiarkan orang lain melihat dirinya sekarat, jadi mereka akan mengasingkan diri di hari-hari terakhir mereka.

4. Tanda-tanda vital berubah

Tekanan darah akan menurun saat mendekati kematian. Perubahan pernapasan menjadi lebih jelas, dan detak jantung menjadi tidak teratur dan sulit dideteksi. Saat tekanan darah turun, ginjal juga akan berhenti bekerja. Urine akan berubah menjadi warna cokelat atau karat.

Cara membantu:

Perubahan ini tidak menyakitkan, jadi tidak perlu melakukan apa pun untuk tanda-tanda ini.

5. Jarang pergi ke kamar mandi

Seseorang yang mendekati kematian biasanya makan lebih sedikit dan minum lebih sedikit cairan sehingga buang air besar dan buang air kecil menjadi tidak teratur dan lebih jarang dari biasanya. Setelah makan dan minum berhenti sama sekali, mereka mungkin tidak perlu ke kamar kecil sama sekali.

Cara membantu:

Kondisi ini adalah proses alami, jadi jangan khawatir jika mereka berhenti pergi ke kamar mandi. Perubahan warna urine juga normal. Hal tersebut mencerminkan fungsi ginjal, dan ketika ginjal mati, produksi urine mungkin melambat atau berhenti.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video " Kata Epidemiolog soal Dihapusnya Angka Kematian untuk Indikator PPKM "
[Gambas:Video 20detik]