Rabu, 18 Nov 2020 19:53 WIB

Uji Klinis Vaksin COVID-19 Pfizer Selesai, Efektivitas 95 Persen!

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Asian Beautiful Doctor Nurse woman in uniform with stethoscope, rubber gloves, mask check syringe injection, portrait , studio lighting dark background four back light flare silhouette copy space Vaksin COVID-19 (Foto: iStock)
Jakarta -

Pfizer mengumumkan bahwa hasil akhir uji klinis tahap akhir vaksin COVID-19 buatannya menunjukkan efektivitas 95 persen. Dalam hitungan hari, izin penggunaan darurat akan didaftarkan dalam beberapa hari ke depan.

Efikasi atau kemanjuran vaksin yang dikembangkan bersama BioNTech asal Jerman ini menunjukkan konsistensi pada sebaran demografi umur dan etnis. Tidak ada efek samping serius yang dilaporkan, pertanda bahwa imunisasi bisa dilakukan secara luas di dunia.

Dikutip dari Reuters, temuan lain yang cukup memuaskan adalah pada usia di atas 65 tahun, efikasi tercatat 94 persen. Kelompok ini merupakan yang paling rentan terhadap risiko COVID-19.

Hasil analisis final ini keluar hanya sepekan setelah analisis awal menunjukkan bahwa vaksin COVID-19 Pfizer 90 persen efektif. Vaksin lain yang dikembangkan Moderna juga menunjukkan efektivitas yang tinggi, yakni 94,5 persen pada analisis awal.

Baik Pfizer maupun Moderna mengembangkan vaksin COVID-19 berbasis mRNA. Platform ini menggunakan kode genetik virus Corona yang diciptakan manusia, bukan menggunakan virus utuh seperti vaksin konvensional.



Simak Video "Alasan WHO Akhirnya Luluh soal Vaksin Covid-19 Dosis Ketiga"
[Gambas:Video 20detik]
(up/naf)