Kamis, 19 Nov 2020 13:57 WIB

2 Vaksin COVID-19 Ini 90 Persen Efektif, Mungkinkah Dipakai di Indonesia?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Virus corona: Para pemimpin dunia sepakat galang Rp120 triliun demi ciptakan vaksin virus corona Vaksin COVID-19 menunjukkan efektivitas 90 persen, mana yang mungkin dipakai di Indonesia? (Foto: BBC World)
Jakarta -

Uji klinis vaksin COVID-19 Pfizer telah selesai dan menunjukkan efektivitas 95 persen. Selain vaksin Pfizer, sebelumnya vaksin COVID-19 Moderna pun melaporkan hasil awal uji klinis dengan efektivitas 94 persen.

Menyusul klaim dari vaksin Sputnik V asal Rusia yang melaporkan bahwa efektivitas vaksin COVID-19 mereka juga melebihi 90 persen. Di antara seluruh vaksin COVID-19 yang diklaim menjanjikan, mana yang paling mungkin dipakai di Indonesia?

Pakar biologi molekuler Ahmad Rusdan Handoyo Utomo menjelaskan masing-masing vaksin COVID-19 yang belakangan menjanjikan memiliki tantangan sendiri jika ingin didatangkan di Indonesia. Salah satunya vaksin Pfizer, terkait dengan masalah pendistribusiannya.

"Tantangannya di produksi sendiri tahun ini Pfizer sama Moderna itu kan kalau dikombinasi sekitar mungkin 100 juta dosis, itu pasti berebut, saya nggak tahu Indonesia masih kebagian atau nggak," jelas Ahmad saat dihubungi detikcom Kamis (19/11/2020).

Pendistribusian vaksin COVID-19

Vaksin Pfizer merupakan vaksin mRNA yang perlu disimpan dalam suhu minus 80 derajat. Ahmad menyebut, distribusi vaksin COVID-19 Pfizer memerlukan banyak perhitungan termasuk tanki liquid nitrogen.

"Kalau pun misalnya kebagian nih yang dipikirkan adalah kirimnya ini distribusinya karena si vaksin itu supaya stabil dia harus minus 80," sebut Ahmad.

Masalahnya vaksin COVID-19 ini rentan degradasi, sama saja kalau rusak nyuntik air doang, nggak ada manfaatnya mubazir. Padahal barang itu mahal bangetAhmad Rusdan Handoyo Utomo - Pakar Biologi Molekuler

Bagaimana dengan vaksin COVID-19 Moderna?

Berbeda dengan Pfizer, Ahmad menyebut Moderna mengklaim memiliki inovasi untuk bisa menyimpan vaksin COVID-19 mRNA mereka di dalam kulkas. Namun, hal ini masih dibutuhkan data lebih lanjut.

"Moderna klaim dia katanya punya inovasi bisa disimpan di kulkas, tapi kita nggak tahu ya kalau vaksin mRNA ini kan harus minus di 80 derajat," kata Ahmad.

"Tapi Moderna sih katanya dia bisa lebih user friendly, Pfizer juga lagi berusaha di minus suhu 20 itu masih lebih oke," lanjutnya.

Bagaimana dengan vaksin Sputnik V buatan Rusia yang juga diklaim 90 persen efektif? Klik halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Sederet Fakta Vaksin COVID-19 Pfizer yang Uji Klinisnya Sudah Rampung"
[Gambas:Video 20detik]