Kamis, 19 Nov 2020 16:00 WIB

Benarkah Harga Vaksin COVID-19 di Indonesia Lebih Mahal? Ini Kata Bio Farma

Ayunda Septiani - detikHealth
The doctor prepares the syringe with the cure for vaccination. Vaksin virus Corona. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir menepis kabar bahwa harga vaksin COVID-19 di Indonesia lebih mahal dibanding dengan negara lain.

Disebutkan, bahwa pemerintah Indonesia bahkan menyediakan program vaksinasi COVID-19 secara gratis.

"Kita nggak bisa membandingkan seperti itu saja harganya, karena memang beberapa negara itu memiliki program yang berbeda. Contoh vaksin COVID-19 ini aja, ada yang mengatakan di Polandia harganya hanya 2 euro, di Brasil hanya 2 dolar," papar Basyir dalam Konferensi Pers Pengawalan Badan POM terhadap Vaksin COVID-19 secara virtual, Kamis (19/11/2020).

"Menurut saya di Indonesia malah kita itu gratis lho, masyarakat tidak membayar sama sekali untuk vaksin program, karena itu itu dibayarkan oleh pemerintah," tambahnya.

Namun, memang tidak semua bisa mendapatkan vaksin COVID-19 secara gratis. Ada yang melalui skema vaksin mandiri yang tidak ditanggung pemerintah.

"Perbedaannya mungkin nanti di vaksin mandiri, karena vaksin mandiri itu, diberikan, ditawarkan ke masyarakat yang memiliki kemampuan tertentu, sehingga negara tidak akan memberikan semacam penganggaran atau subsidi," lanjutnya

Basyir pun mengklarifikasi adanya informasi yang menyebutkan bahwa vaksin COVID-19 lebih mahal dibandingkan dengan negara lain.

"Jadi kalau bicara harga vaksin kenapa di Indonesia lebih mahal dari negara lain, itu statementnya harus kita klarifikasi, karena masing-masing negara akan berbeda programnya," pungkasnya.



Simak Video "BPOM Akan Cabut Izin Darurat Vaksin COVID-19 Jika Terlalu Berisiko"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)