Kamis, 19 Nov 2020 17:44 WIB

Makanan Tertentu Bisa Bikin Anak Cerdas? Dokter: Itu Mitos!

Kanya Anindita - detikHealth
Asian baby girl eating vegetable first time at home kitchen Makanan tertentu bisa bikin anak cerdas? Dokter pastikan itu hoax. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Semua orang tua pasti melakukan berbagai cara untuk membuat anaknya cerdas dan pintar. Beberapa di antaranya percaya memberikan asupan makanan tertentu agar kecerdasan semakin terlihat pada tumbuh kembang anak.

Rupanya, keyakinan memberikan asupan makanan tertentu untuk kecerdasan anak hanyalah mitos semata. Hal ini diungkap salah satu ahli spesialis gizi.

"Mitos, makanan hanya menjadi salah satu faktor yang menentukan kecerdasan anak," ungkap dr Juwalita Surapsari, MGizi, SpGK, dokter spesialis gizi, dikutip dari HaiBunda.

Ia mengatakan, faktor kecerdasan anak terbagi menjadi dua yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah genetik, sedangkan faktor eksternal berupa nutrisi, aktivitas fisik, dan stimulasi.

"Makanan seperti telur, seafood dan beberapa jenis ikan tidak hanya merupakan sumber protein yang baik, tapi juga sumber DHA, kolin, serta vitamin B6 dan B12," lanjutnya.

"Sementara itu, daging sapi, seafood, serealia yang difortifikasi, bayam, brokoli, merupakan bahan makanan sumber zat besi," tambahnya.

Penjelasan lebih lengkap bisa dibaca di halaman berikutnya.



Simak Video "Tips Bersihkan Makanan Takeaway Agar Aman dari Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)