Kamis, 19 Nov 2020 18:31 WIB

Updated

2 Anak Mamah Dedeh Positif COVID-19, Waspadai Berbagai Pemicu Klaster Keluarga

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
mamah dedeh Mamah Dedeh dan dua anaknya positif COVID-19. (Foto: Widiya Wiyanti)
Jakarta -

Baru-baru ini, Mamah Dedeh dinyatakan positif COVID-19. Tak hanya dirinya, dua orang anaknya pun juga dikabarkan tertular virus Corona yang diketahui setelah seluruh keluarga Mamah Dedeh menjalani tes swab.

Hasilnya, kedua anaknya ini dinyatakan positif COVID-19. Kini mereka tengah melakukan isolasi di rumah sakit.

"Semua dirawat di rumah sakit. Anak-anaknya yang di rumah, makanya pada kasihan. Cucunya negatif semua," kata Nisa, menantu Mamah Dedeh via telepon, dikutip dari InsertLive.

Dokter spesialis paru sekaligus Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Paru Indonesia (PDPI), dr Erlang Samoedro, SpP(K) mengatakan klaster COVID-19 keluarga banyak muncul karena tingginya aktivitas di luar rumah. Sehingga tidak sadar jika membawa virus ke dalam rumah.

"Misalnya ibu bapaknya bekerja atau bepergian ke mana kemudian membawa masuk (virus Corona) ke dalam keluarga dan terjadi transmisi," kata dr Erlang dalam konferensi pers di Youtube BNPB beberapa waktu lalu.

Meskipun tinggal di dalam satu rumah, belum bisa menjamin bahwa bisa terhindar dari infeksi virus Corona COVID-19. Ada tiga hal yang diduga memicu timbulnya klaster keluarga yang dihimpun oleh Pandemic Talks, yaitu:

1. Membiarkan anak-anak bermain di lingkungan rumah, tanpa menerapkan protokol kesehatan yang kuat. Anak-anak bisa berperan sebagai carrier atau pembawa virus, sehingga kelompok ini juga rentan mengembangkan gejala serius COVID-19.

2. Kegiatan berkumpul bersama warga lain, seperti arisan, rapat warga, perayaan kegiatan agama, penyuluhan, atau olahraga bersama.

3. Liburan atau piknik ke daerah berisiko tinggi atau zona merah COVID-19.

Catatan: Artikel ini mengalami pemutakhiran penulisan narasumber dan tempat isolasi.



Simak Video "Dear Warga Indonesia, Yuk Lakukan 3W Agar Terhindar Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)