Jumat, 20 Nov 2020 15:28 WIB

Gejala yang Diidap Mamah Dedeh Sebelum Terinfeksi COVID-19

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
mamah dedeh Mamah Dedeh positif COVID-19, ini gejala yang dialami sebelum tertular. (Foto: Widiya Wiyanti)
Jakarta -

Tak seperti pasien COVID-19 pada umumnya, Mamah Dedeh kala terinfeksi COVID-19 tak mengeluhkan banyak gejala kecuali demam. Pasalnya, banyak gejala COVID-19 yang biasanya muncul di awal infeksi termasuk gangguan indra penciuman hingga batuk terus menerus.

Anak-anak dari Mamah Dedeh juga mengira kondisi sang ibu kala itu seperti mengidap penyakit tifus. Rasa curiga sang ibu, Mamah Dedeh, terkena tifus karena anak-anaknya mengira Mamah Dedeh kelelahan.

"Kalau COVID itu bingung ya, saya pribadi aja yang saya tahu ya kalau COVID itu (cirinya) batuk, flu gitu ya yang umumnya gitu, Mamah tuh nggak ada. Tapi, Mamah memang badannya agak meriang," ungkap Nisa kepada detikcom melalui sambungan telepon.

"Seperti yang kita tahu pada umumnya kalau gejala COVID itu, batuk, pilek, sakit tenggorokan, nggak (bisa) mencium bau. Nah, setahu aku gejala-gejala ini nggak ada di Mamah, yang terlihat lebih ke lemas kali ya. Tadinya aku curiga mamah sakit tifus karena kecapekan," sambungnya.

Terlebih anak Mamah Dedeh menyebut sang ibu selama ini tak banyak mengeluh. Batuk, muntah atau gejala pilek juga disebut tak diidap Mamah Dedeh.

"Kalau ditanya 'Iya nih nggak enak badan makannya lemas'. Paling gitu jawabnya. Kalau muntah keliatan gitu, nggak ada juga. Batuk juga kan keliatan, nggak ada juga. Terus pilek, nggak ada juga. Atau Mamah ngeluh biasanya masalah sakit tenggorokan nggak juga. Tapi, mungkin memang lebih ke gejala tifus aku lihatnya," ceritanya.

Awal mula Mamah Dedeh dibawa ke RS tidak untuk melakukan swab karena tak mencurigai tertular COVID-19, tetapi pemeriksaan lebih lanjut membuat Mamah Dedeh perlu melakukan swab.

Lanjutkan membaca, KLIK DI SINI.



Simak Video "Reaksi WHO Ditanya soal Trump Positif Corona Gegara Ogah Pakai Masker"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)