Sabtu, 28 Nov 2020 10:05 WIB

Suka Makan Nasi Padang? Ini Tips Jaga Kolesterolnya untuk Tubuh

Faidah Umu Sofuroh - detikHealth
Ilustrasi Nasi Padang Foto: shutterstock
Jakarta -

Siapa sih orang Indonesia yang nggak suka makan nasi Padang? Masakan Minang ini memang terkenal banget akan kelezatannya. Bahkan rendang yang jadi bagian penting dari nasi Padang disebut-sebut jadi makanan paling enak di dunia.

Namun di balik kelezatan nasi Padang, terlalu banyak mengonsumsi makanan ini juga tidak baik. Sebab, kandungan lemak yang tinggi dapat membuat kadar kolesterol menjadi tinggi.

Nah, agar makan nasi Padang tetap terasa nikmat tanpa was-was, berikut detikhealth rangkum hal-hal yang perlu diperhatikan saat makan nasi Padang.

Jangan Terlalu Sering

Seorang ahli gizi mengatakan, mengonsumsi masakan Minang boleh-boleh saja, asal frekuensinya diperhatikan dan tidak terlalu sering. Jika biasanya nasi Padang dikonsumsi dalam porsi besar, maka kini kurangi porsinya agar kadar kolesterol tetap terjaga.

Perbanyak Sayur

Lauk-pauk yang ada di nasi Padang sangat beraneka macam dan menggiurkan, tapi pilihlah satu hingga dua lauk saja, dan tambahkan sayur seperti sayur singkong agar ada asupan serat ke dalam tubuh.

Imbangi dengan Aktivitas Fisik

Setelah kenyang makan nasi Padang, jangan langsung tidur atau berdiam diri saja. Lakukanlah kegiatan atau beraktivitas agar kalori dan lemak yang berasal dari nasi Padang terbuat ikut terbakar. Lakukan aktivitas fisik atau berolahraga rutin minimal 30 menit setiap hari.

Minum Nestlé ACTICOR

Bagi anak muda, makan makanan berkolesterol seperti nasi Padang ini masih terasa biasa saja. Namun, menjaga kolesterol sejak muda juga penting. Jadi turunkan kadar kolesterol setelah makan nasi Padang dengan minum Nestlé ACTICOR dua kali sehari setelah makan.

Bagi yang suka minuman dingin, Nestlé ACTICOR juga bisa dikonsumsi dengan dikombinasikan bersama es batu atau diminum dalam kondisi dingin.

Nestlé ACTICOR merupakan minuman susu rendah lemak yang mengandung Beta Glucan yang berasal dari oats dan Inulin yang berasal dari akar Chicory. Kandungan Beta Glucan dan Inulin teruji klinis mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang merupakan faktor risiko penyakit jantung koroner.

Nestlé ACTICOR juga terbuat dari bahan alami dan rasanya pun sangat enak. Ada 4 varian rasa, antara lain avocado, chocolate, green-tea latte, dan banana. Nestlé ACTICOR baik dikonsumsi oleh orang dewasa yang peduli akan kesehatan tubuh.

Nestlé ACTICOR, Cara Alami Turunkan Kolesterol.

(ega/ega)